Pengembangan panduan eksplorasi karier berbasis industri 4.0 siswa SMK Negeri 2 Kota Malang / Berlianty Trishaputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan eksplorasi karier berbasis industri 4.0 siswa SMK Negeri 2 Kota Malang / Berlianty Trishaputri

Trishaputri, Berlianty (2020) Pengembangan panduan eksplorasi karier berbasis industri 4.0 siswa SMK Negeri 2 Kota Malang / Berlianty Trishaputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masa remaja merupakan masa dimana remaja sudah memikirkan alternatif pilahan pekerjaan yang sesuai untuk dirinya. Namun pada kenyataannya remaja terutama pada siswa SMK mengalami kebimbangan dan ketidaksiapan dalam menyiapkan kariernya. Hal ini sejalan dengan hasil wawancara dan observasi yang didapatkan di SMK Negeri 2 Malang sebagian besar siswa SMK mengalami kesulitan untuk mengembangkan dirinya siswa kebanyakan memilih jurusan berdasarkan pilihan orang tua dan ada yang ikut-ikutan teman. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk panduan eksplorasi karier untuk membantu konselor dalam memfasilitasi layanan eksplorasi karier kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman tentang potensi diri dan informasi pekerjaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Research and Development (R amp D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1983) dengan langkah mengetahui potensi dan masalah melakukan pengumpulan data mendesain produk dan validasi produk uji ahli (ahli materi amp ahli media) dan uji pengguna revisi dari hasil uji ahli dan uji pengguna setelah revisi produk prototype siap digunakan. Hasil penilaian pada penelitian dan pengembangan ini menunjukkan total rata-rata persentase uji ahli materi sebesar 71 67% total rata-rata persentase uji ahli media 86 25% dan total rata-rata uji calon pengguna 95%. Berdasarkan penilaian ahli dan calon pengguna (konselor) menunjukkan bahwa buku panduan yang dibuat layak digunakan. Berdasarkan uji coba yang dilakukan panduan eksplorasi karier yang dikembangkan memiliki validitas yang sangat tinggi. Panduan dirasa sangat sesuai dengan standart dan isi materi memenuhi aspek keberterimaan yaitu ketepatan kegunaan kejelasan dan kemenarikan. Oleh karena itu produk panduan eksplorasi karier dengan model experiential learning dapat digunakan konselor dalam memberikan layanan bimbingan karier siswa SMK. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat diberikan saran-saran sebagai berikut. 1) Konselor dapat menggunakan panduan ini sebagai layanan bimbingan klasikal di kelas konselor sebagai pengguna produk disarankan untuk mempelajari dengan saksama sajian materi yang diberikan dalam panduan ini dan konselor disarankan untuk berdiskusi dengan rekan konselor yang lain terkait pemahaman materi eksplorasi karier dengan model experiential learning. 2) Bagi pengembangan lebih lanjut perlu dilakukan pengujian keefektifan produk terhadap siswa secara langsung peneliti selanjutya dapat mengembangkan panduan eksplorasi karier dengan penggunaan model yang lain yang lebih efektif dalam memfasilitasi eksplorasi karier siswa SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148222

Actions (login required)

View Item View Item