Pengembangan panduan bimbinngan kelompok dengan teknik sinema edukasi untuk meningkatkan kematangan karier siswa SMK Muhammadiyah 1 Lamongan / Rima Nur Salsabiela - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan bimbinngan kelompok dengan teknik sinema edukasi untuk meningkatkan kematangan karier siswa SMK Muhammadiyah 1 Lamongan / Rima Nur Salsabiela

Salsabiela, Rima Nur (2020) Pengembangan panduan bimbinngan kelompok dengan teknik sinema edukasi untuk meningkatkan kematangan karier siswa SMK Muhammadiyah 1 Lamongan / Rima Nur Salsabiela. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Salsabiela Rima Nur. 2020. Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Kematangan Karier Siswa SMK Muhammadiyah 1 lamongan. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Arbin Janu Setiyowati M.Pd. (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd Kata Kunci panduan bimbingan kelompok sinema edukasi kematangan karier Kematangan Karier Menurut Super (Coertse amp Schepers 2004) mendefinisikan kematangan karier sebagai suatu keberhasilan yang didapatkan individu ketika dapat menyelesaikan tugas perkembangan karier yang khas pada tahap perkembangan tertentu yang dimaknai sebagai kemampuan individu untuk membuat pilihan serta keputusan karier yang tepat dan realistis. Apabila kematangan karier tidak mencapai sesuai yang diharapkan maka akan menjadi suatu hambatan dalam melewati tahap perkembangan selanjutnya siswa tidak memiliki perencanaan karier setelah lulus. Kenyataan kematangan karier dilapangan menunjukkan tingkat kematangan karier yang rendah dan itu tidak sesuai dengan kondisi ideal kematangan karier siswa SMK. Sehingga dibutuhkan panduan yang tepat untuk meningkatkan kematangan karier siswa SMK. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan panduan bimbingan kelompok dengan teknik sinema edukasi untuk meningkatkan kematangan karier yang memiliki keberterimaan yang tinggi. . Model penelitian ini adalah penelitian R amp D yang diadaptasi dari Borg and Gall (1983) yang terdiri dari sampai 7 langkah yaitu sampai pada revisi hasil uji coba dikarenakan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan global saat pandemi kesulitan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah instrumen penilaian uji ahli dan instrument calon pengguna (konselor). Jenis data penelitian ini adalah jenis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis diskriptif dengan rumus rerata sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif menurut Miles amp Huberman (1992) terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data penyajian data amp penarikan kesimpulan Hasil penilaian pada penelitian dan pengembangan ini menunjukkan total ratarata persentase uji ahli materi sebesar 3 4 kategori sangat layak total rata-rata persentase uji ahli media 3 075 kategori cukup layak dan total rata-rata uji calon pengguna 3 5 kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian ahli dan calon pengguna (konselor) menunjukkan bahwa buku panduan yang dibuat layak digunakan. Hasil penelitian yang diperoleh dapat diberikan saran-saran sebagai berikut 1) konselor disarankan untuk memahami setiap topik dan materi film disetiap pertemuan 2) dapat digunakan sebagai media layanan dengan setting layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan kematangan karier. 3) Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan dari buku panduan 4) Peneliti melakukan eksperimen di tingkat siswa SMK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148221

Actions (login required)

View Item View Item