Penggunaan teknik sosiodrama untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XI Jasa Boga SMKN 2 Malang / Ahmad Abdullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan teknik sosiodrama untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XI Jasa Boga SMKN 2 Malang / Ahmad Abdullah

Abdullah, Ahmad (2020) Penggunaan teknik sosiodrama untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XI Jasa Boga SMKN 2 Malang / Ahmad Abdullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Abdullah Ahmad. 2019. Penggunaan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI Jasa Boga SMKN 2 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Elia Flurentin M.Pd (2) Yuliati Hotifah S.Psi. M.Pd Kata kunci Disiplin Belajar Siswa Teknik Sosiodrama Siswa SMA Perkembangan dalam dunia pendidikan pada saat sekarang ini bertujuan untuk membentuk manusia yang berkarakter. Hal tesebut mengharuskan individu memiliki sikap karakter yang baik salah satunya adalah disilpin dalam belajar. Individu yang memiliki disiplin belajar yang bagus akan memudahkan dalam memahami sesuatu hal yang baru dengan cepat. disiplin belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti kecakapan pengetahuan sikap kebiasaan pemahaman keterampilan daya pikir dan kemampuan- kemampuan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk membantu individu khususnya siswa kelas XI Jasa Boga SMKN 2 Malang dalam meningkatkan disiplin belajar dengan menggunakan teknik sosiodrama. Teknik sosiodrama sendiri merupakan salah satu layanan pada bimbingan dan konseling yang berfokus pada penyelesaian masalah sosial. Design penelitian dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan jenis one group pretest and postest design. Analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon Signet Rank Test untuk mengetahui uji beda dilakukan dengan pengujian statistik uji beda two related samples test wilcoxon. Uji beda dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan signifikan skor subjek penelitian antara sebelum diberikan treatment dengan sesudah diberikan treatment menggunakan teknik sosiodrama Tahap awal penelitian subjek diukur tingkat disiplin belajar melalui angket (pretest) kemudian siswa yang memiliki disiplin belajar rendah akan dijadikan subjek selanjutnya diberikan treatment berupa sosiodrama. Terdapat enam siswa dari 28 siswa yang memiliki tingkat disiplin belajar rendah. Subjek selanjutnya diberikan posttest dengan alat ukur yang sama. Dalam penelitian ini treatment sosiodrama dapat meningkatkan disiplin belajar siswa. Peningkatan disiplin belajar dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor dari 72 3 (pretest) menjadi 94.5 (posstest) di ambil dari 6 siswa. Sosiodrama dapat mengembangkan perilaku baru yang adaptif. Berdasarkan pernyataan tersebut pemberian treatment sosiodrama dapat mendidik dan melatih siswa untuk meningkatkan disiplin dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148220

Actions (login required)

View Item View Item