Pengembangan panduan permainan simulasi ular tangga untuk mencegah prokastinasi akademik siswa SMK / Sausanuz Zakiyyah Hamibawani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan permainan simulasi ular tangga untuk mencegah prokastinasi akademik siswa SMK / Sausanuz Zakiyyah Hamibawani

Hamibawani, Sausanuz Zakiyyah (2020) Pengembangan panduan permainan simulasi ular tangga untuk mencegah prokastinasi akademik siswa SMK / Sausanuz Zakiyyah Hamibawani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil dari analisis kebutuhan di SMK Negeri 1 Tulungagung menunjukkan bahwa 13 siswa tergolong pada prokrastinasi akademik tinggi dengan persentase 26% 34 siswa pada kategori sedang dengan persentase 69% dan 2 siswa pada kategori rendah dengan persentase 4%. Prokrastinasi akademik adalah suatu kondisi ketika siswa melakukan kebiasaan untuk menunda-nunda dalam mengerjakan atau menyelesaikan tugas-tugas akademik. Kondisi ini dapat menyebabkan kemunduran prestasi siswa dibidang belajar. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mencegah prokrastinasi akademik siswa adalah permainan simulasi. Permainan simulasi merupakan salah satu teknik dalam bimbingan kelompok yang mengajak siswa untuk ikut terlibat pada kegiatan pembelajaran dengan cara memerankan atau mencontohkan suatu situasi yang terjadi dalam kehidupan nyata melalui pesan-pesan. Sementara ini di sekolah belum ada penanganan secara khusus untuk mencegah prokrastinsi akademik dan belum ditemukan panduan permainan simulasi ular tangga untuk mencegah prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk dalam bentuk panduan permainan simulasi ular tangga untuk mencegah prokrastinasi akademik pada siswa SMK sebagai media alternatif yang dapat digunakan oleh guru BK di sekolah sesuai dengan aspek keberterimaan yaitu ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Metode penelitian dilakukan melalui prosedur penelitian dan pengembangan Borg amp Gall (2003) dengan menggunakan tujuh langkah yang telah dimodifikasi yaitu dimulai dari penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan produk awal uji coba tahap awal revisi pertama melakukan uji calon pengguna produk revisi kedua dan pengemasan produk. Pada uji coba tahap awal produk diuji oleh ahli BK mengenai isi materi panduan dan ahli media pembelajaran menguji tentang format panduan. Uji coba calon pengguna produk dilakukan oleh guru BK yang memberikan penilaian terhadap produk secara keseluruhan terdiri dari isi materi dan format panduan yang dikembangkan. Data yang didapatkan dari uji ahli dan calon pengguna produk adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan melalui analisis menggunakan rumus rata-rata dan data kualitatif didapatkan dari saran kritik dan pesan verbal. Hasil penilaian pada penelitian dan pengembangan menunjukkan rata-rata uji ahli materi BK menunjukkan rata-rata angka sebesar 3.6 ahli media pembelajaran sebesar 3.9 dan rata-rata nilai dari calon pengguna produk sebesar 3.5. Hasil rata-rata akhir penilaian dari terhadap panduan permainan simulasi ular tangga untuk mencegah prokrastinasi akademik adalah 3.6. Berdasarkan rata-rata akhir yang didapatkan menunjukkan bahwa buku panduan yang dikembangkan layak dan dapat dipergunakan. Saran kebermanfaatan dan pengembangan selanjutnya mencangkup (1) Panduan permainan simulasi ini dapat menjadi media pemberian layanan bimbingan kelompok untuk mencegah prokrastinasi akademik siswa SMK dan Guru BK dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok disarankan untuk meminta bantuan co-leader guna membantu proses pelaksanaan layanan (2) Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian eksperimen guna mengetahui keefektifan dari panduan permainan simulasi ular tangga untuk mencegah prokrastinasi akademik siswa SMK peneliti selanjutnya dapat mengembangkan produk dalam bentuk yang ramah IT sehingga dapat diakses melalui ponsel dan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan produk ini dengan topik atau fokus penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148216

Actions (login required)

View Item View Item