Pengembangan panduan konseling realitas untuk menurunkan kecenderungan perilaku narsistik siswa SMP Negeri 1 Balongbendo / Natazza Jehan Ardhiyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan konseling realitas untuk menurunkan kecenderungan perilaku narsistik siswa SMP Negeri 1 Balongbendo / Natazza Jehan Ardhiyani

Ardhiyani, Natazza Jehan (2020) Pengembangan panduan konseling realitas untuk menurunkan kecenderungan perilaku narsistik siswa SMP Negeri 1 Balongbendo / Natazza Jehan Ardhiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan media sosial berlebihan dikalangan remaja dapat memicu meningkatkan kecenderungan perilaku narsistik. Selaras dengan hasil studi pendahuluan di SMPN 1 Balongbendo menunjukkan bahwa siswa memiliki kecenderungan perilaku narsistik 13% termasuk dalam kategori tinggi 57% kategori sedang dan 30% kategori rendah. Sementara ini di sekolah belum ada penanganan secara khusus untuk menurunkan kecenderungan perilaku narsistik. Demikian pula belum ditemukan panduan konseling realitas untuk menurunkan kecenderungan perilaku narsistik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan panduan konseling realitas untuk menurunkan kecenderungan perilaku narsistik siswa SMP yang memenuhi kriteria keberterimaan yaitu ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi dari Borg and Gall (2003) dengan lima langkah penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan draft produk uji coba lapangan (uji ahli materi uji ahli media dan uji calon pengguna produk) dan merevisi hasil uji coba. Subjek penelitian yaitu ahli materi konseling ahli media dan calon pengguna produk (guru BK). Instrumen penilaian panduan oleh ahli materi berdasarkan tiga aspek keberterimaan yaitu ketepatan kegunaan dan kemudahan. Sedangkan instrumen penilaian oleh ahli media dan calon pengguna produk berdasarkan empat aspek keberterimaan yaitu ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian dan pengembangan panduan konseling realitas ini ada dua macam yaitu analisis data kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis dan menginterpretasi instrumen berupa skala penilaian dan analisis data kualitatif digunakan untuk memperbaiki detail panduan. Analisis kuantitatif oleh ahli materi dan media menggunakan analisis inter-rater agreement model. Sedangkan analisis oleh calon pengguna produk menggunakan analisis rentangan. Penilaian oleh ahli materi dan ahli media menggunakan analisis inter-rater model dengan mendapatkan indeks validasi sebesar 1 00 dan evaluasi penilaian oleh calon pengguna menggunakan analisis rentangan sebesar 3 5. Berdasarkan hasil penilaian yang telah diberikan oleh ahli materi ahli media dan calon pengguna produk diketahui bahwa prototipe panduan konseling realitas yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat layak. Sehingga panduan konseling realitas yang dikembangkan dapat dijadikan media untuk guru BK memberikan layanan konseling dalam menurunkan kecenderungan perilaku narsistik siswa SMP yang sudah memenuhi kriteria keberterimaan yaitu ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Saran untuk guru BK sebagai pengguna produk panduan konseling realitas ini dapat menjadi media pemberian layanan konseling untuk menurunkan kecenderungan perilaku narsistik siswa SMP. Adapun saran untuk peneliti selanjutnya yaitu pengembangan panduan ini belum dilakukan uji keefektifan karena beberapa faktor yang menghambat pada proses penelitian ini. Sehingga perlu dilakukan pengujian keefektifan produk terhadap siswa secara langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148214

Actions (login required)

View Item View Item