Pengembangan panduan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa MTS Nurul Ulum Malang / Nadia Izaura Puji Pangerti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa MTS Nurul Ulum Malang / Nadia Izaura Puji Pangerti

Pangerti, Nadia Izaura Puji (2020) Pengembangan panduan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa MTS Nurul Ulum Malang / Nadia Izaura Puji Pangerti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepercayaan diri merupakan kondisi atau keadaan dimana individu yakin terhadap diri sendiri untuk melakukan sesuatu tindakan yang diinginkan tanpa merasa panik dan cemas secara berlebihan. Hasil penelitian menunjukkan dampak kurang percaya diri menyebabkan seseorang cemas tidak tenang sulit berkomunikasi rendah diri dan memiliki penerimaan diri yang rendah dalam lingkungan sosialnya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa di sekolah MTs Nurul Ulum Malang banyak yang memiliki sikap kurang percaya diri. Menurut hasil penelitian-penelitian terdahulu bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan panduan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa MTs Nurul Ulum Malang yang berterima secara teoritis dan praktik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Research and Development (R amp D) yang diadaptasi dari Borg and Gall (1983) terdiri 5 langkah yang digunakan yaitu dimulai dari studi pendahuluan dan perencanaan pengembangan panduan sampai pada revisi hasil uji coba produk dikarenakan menyesuaikan dengan kondisi lingkungan saat ini dimasa pandemi. Subjek penelitian yaitu uji ahli materi media dan calon pengguna. Instrumen penilaian yang digunakan ialah penilaian uji ahli dan calon pengguna (guru BK). Teknik analisis data yang digunakan pada pengembangan ini ada dua yaitu kuantitatif dan kualitatatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa panduan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri menunjukkan total persentase uji ahli materi sebesar 88 75% total rata-rata persentase uji ahli media 96 59% dan total rata-rata uji calon pengguna presentase 94 64%. Berdasarkan penilaian ahli dan calon pengguna (guru BK) memperoleh keberterimaaan yang meliputi ketepatan kegunaan kejelasan dan kemenarikan yang tinggi bahwa buku panduan yang dibuat layak digunakan. Bagi guru BK disarankan untuk mempelajari langkah-langkah teknik sosiodrama dan materi kepercayaan diri yang ada pada buku panduan sehingga proses pemberian layanan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Sedangkan saran bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan uji coba kelompok kecil di sekolah. Selain itu peneliti dapat melakukan pengujian keefektifan produk terhadap siswa-siswa MTs Nurul Ulum Malang atau siswa-siswa di sekolah lain yang memiliki kepercayaan diri yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148213

Actions (login required)

View Item View Item