Pengembangan buku panduan konseling kelompok rational emotive behaviour untuk mengurangi perilaku konsumerisme siswa / Erina Dwi Annisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku panduan konseling kelompok rational emotive behaviour untuk mengurangi perilaku konsumerisme siswa / Erina Dwi Annisa

Annisa, Erina Dwi (2020) Pengembangan buku panduan konseling kelompok rational emotive behaviour untuk mengurangi perilaku konsumerisme siswa / Erina Dwi Annisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Annisa Erina Dwi. 2020. Pengembangan Buku Panduan Konseling Kelompok Rational Emotive Behaviour Untuk Mengurangi Perilaku Konsumerisme Siswa. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd. (II) Dr. H. IM. Hambali M.Pd. Kata kunci konseling kelompok REBT perilaku konsumerisme siswa SMK. Remaja merupakan masa peralihan anak menuju dewasa remaja akan mencari identitas diri sehingga akan mudah dipengaruhi oleh banyak hal. Untuk mengikuti trend remaja cenderung berperilaku konsumerisme. Siswa menganggap bahwa suatu barang yang dia gunakan memiliki nilai yang mampu mengangkat harga dirinya dan memiliki kebanggaan sendiri jika memilikinya. Perilaku-perilaku tersebut merupakan cerminan dari perilaku konsumerisme. Maka pemberian intervensi dengan tepat dilakukan untuk mengurangi permasalahan yang yang ditimbulkan salah satunya dengan menggunakan konseling kelompok Rational Emotive Behaviour. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan buku panduan konseling kelompok Rational Emotive Behaviour untuk mengurangi perilaku konsumerisme siswa. Model penelitian ini diadaptasi dari model Borg and Gall yaitu (1) Melakukan studi pendahuluan (2) Tahap perencanaan penelitian (3) Tahap pengembangan produk (4) Tahap uji coba (5) Revisi hasil uji coba. Instrumen penelitian ini mengembangkan instrumen penilaian uji ahli dan calon pengguna yang digunakan sebagai acuan kelayakan dan keberterimaan produk ini. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data numerikal dan verbal. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yakni buku panduan konseling kelompok Rational Emotive Behaviour untuk mengurangi perilaku konsumerisme siswa. Pada hasil uji materi presentase dari kelayakan produk ini sebesar 78% pada uji ahli media presentase yang didapatkan sebesar 98%. Setelah dilakukan perbaikan dari saran dan masukan oleh uji ahli kemudian produk ini di uji oleh calon pengguna (konselor) dan mendapatkan presentase kelayakan sebesar 93%. Sehingga produk ini telah memenuhi kriteria akseptabilitas serta layak untuk digunakan oleh konselor. Saran dari adanya penelitian ini yakni 1) bagi konselor konselor hendaknya mempelajari dan memahami prosedur secara detail agar tujuan dapat terpenuhi dengan optimal 2) bagi peneliti selanjutnya pengembangan panduan ini hanya sampai pada tahap uji ahli dan calon pengguna sehingga dapat dilanjutkan oleh peneliti selanjutnya dengan menggunakan penelitian kuantitatif eskperimen untuk mengetahui penerapan konseling kelompok Rational Emotive Behaviour untuk mengurangi perilaku konsumerisme siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148210

Actions (login required)

View Item View Item