Pengembangan panduan konseling ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMK / Yohana Shereni Eka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan konseling ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMK / Yohana Shereni Eka

Eka, Yohana Shereni (2020) Pengembangan panduan konseling ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMK / Yohana Shereni Eka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ringkasan Eka Shereni Yohana. 2020. Pengembangan Panduan Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa SMK. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Ramli M.A.(2) Irene Maya Simon M.Pd. Kata kunci buku panduan konseling ringkas berfokus solusi perilaku asertif. Permasalahan yang terjadi di SMK Diponegoro Tumpang adalah rendahnya perilaku asertif. Perilaku asertif merupakan salah satu respon ketegasan yang ditunjukan individu saat berinteraksi dengan orang lain atau ketika berhadapan dengan situasi tertentu. Sehingga individu dituntut untuk dapat bertanggungjawab atas pikiran perasaan keinginan dan tindakan secara tepat dan jujur dalam menyampaikannya kepada orang lain. Berdasarkan hasil dari angket yang diluncurkan oleh peneliti sebagai studi pendahuluan dari 62 responden hasil yang didapat yaitu 10% siswa dikategorikan memiliki perilaku asertif tinggi 48% dikategorikan memiliki perilaku aserif sedang dan 42% siswa dikategorikan memiliki perilaku aserif rendah. Hal tersebut menunjukkan rendahnya perilaku asertif yang dialami oleh siswa SMK Diponegoro Tumpang. Perilaku asertif yang rendah mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam menyampaikan pendapatnya siswa cenderung mengikuti arus. Siswa yang mengalami hal tersebut cenderung mengabaikan pendapatnya sendiri dan lebih mengutamakan orang lain daripada dirinya sendiri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangakan sebuah buku panduan yang bertujuan menghasilkan panduan konseling ringkas berfokus solusi yang berterima secara teoritis dan praktis dari segi ketepatan kegunaan kepraktisan dan kemenarikan. Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R amp D) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall dengan langkah melakukan analisis kebutuhan perencanaan mengembangkan produk awal uji ahli (ahli materi BK amp ahli media) revisi dari hasil uji ahli uji calon pengguna konselor dan revisi akhir produk. Subjek penelitian adalah 62 siswa kelas X jurusan teknik komputer dan jaringan. Hasil dari ahli media ahli konseling dan uji calon pengguna menunjukan bahwa buku panduan yang dikembangkan sangat valid. Teknik pengumpulan data penilaian produk adalah kuesioner penilaian konseling ringkas berfokus solusi. Uji ahli dan uji calon pengguna dianalisis menggunakan inter-rater agreement model. Ahli media menunjukan indeks validitas ahli sebesar 1 00 ahli konseling sebesar 0 88 dan uji calon pengguna menunjukan indeks validasi ahli sebesar 0 875 yang termasuk dalam kategori tinggi artinya panduan sangat berterima dari segi ketepatan keguanaan kemudahan dan kemenarikan. Buku panduan yang telah dikembangkan dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan konseling ringkas berfokus solusi untuk peningkatan perilaku asertif memiliki keberterimaan yang sangat tinggi dari ahi media tinggi dari ahli konseling dan calon pengguna. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar konselor hendaknya dapat menggunakan panduan sebagai alternatif pemberian layanan BK untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMK Diponegoro Tumpang dengan pendekatan PTBK. Kemudian untuk peneliti selanjutnya hendaknya melakukan pengujian keefektifan produk terhadap siswa-siswa SMK Diponegoro Tumpang atau siswa-siswa di sekolah lain yang memiliki perilaku asertif rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148207

Actions (login required)

View Item View Item