Pengembangan panduan konseling rational emotive behavior untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa SMAN 10 Malang / Dinni Fitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan konseling rational emotive behavior untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa SMAN 10 Malang / Dinni Fitriani

Fitriani, Dinni (2020) Pengembangan panduan konseling rational emotive behavior untuk menurunkan prokrastinasi akademik siswa SMAN 10 Malang / Dinni Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitriani Dinni. 2020. Pengembangan Panduan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik siswa SMAN 10 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Diniy Hidayatur Rahman M.Pd. (II) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes Kata Kunci panduan konseling kelompok Rational Emotive Behavior prokrastinasi akademik Prokrastinasi akademik adalah perilaku penundaan dalam mengerjakan suatu tugas tanpa mempermasalahkan tujuan serta alasan penundaan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan dampak dari prokrastinasi anatara lain penurunan prestasi akademik kurang percaya pada kemampuan diri dan depresi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti menemukan bahwa fenomena tentang prokrastinasi akademik sudah terjadi pada siswa SMAN 10 Malang. Menurut hasil-hasil penelitian sebelumnya pendekatan yang efektif untuk menurunkan prokrastinasi akademik adalah konseling Rational Emotive Behavior (REB). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan konseling Rational Emotive Behavior (REB) untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa SMA yang memenuhi kriteria ketepatan kebergunaan kejelasan dan kemenarikan. Penelitian ini mengadaptasi dari model Research and Development yang dikembangkan oleh Borg dan Gall dengan langkah melakukan analisis kebutuhan perencanaan mengembangkan produk awal uji ahli (ahli materi BK amp uji calon pengguna) revisi dari hasil uji ahli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah instrumen penilaian uji ahli dan instrumen calon pengguna (konselor). Uji ahli materi dianalisis menggunakan inter-rater agreement model dan uji calon pengguna dianalisis menggunakan teknik analisis interpretasi. Hasil penilaian pada penelitian dan pengembangan ini menunjukkan total ratarata indeks uji ahli materi sebesar 1 00 kategori sangat layak dan total rata-rata persentase uji calon pengguna 84 2 kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian ahli dan calon pengguna dapat disimpulkan bahwa panduan konseling REB untuk menurunkan prokrastinasi akademik di SMAN 10 Malang layak digunakan. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat diberikan saran-saran sebagai berikut 1) konselor disarankan untuk menggunakan panduan ini pada setting kelompok dan mempelajari dengan baik sajian materi dan tahap-tahap konseling 2) Peneliti selanjutnya dapat melakukan uji keefektifan panduan konseling REB untuk menurunkan prokrastinasi akademik di SMAN 10 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148206

Actions (login required)

View Item View Item