Studi komparatif mengenai kepercayaan diri siswa jalur zonasi dengan siswa jalur prestasi tahun ajaran 2020/2021 di SMP Negeri 25 Kota Malang / Firnanda Imam Ramadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparatif mengenai kepercayaan diri siswa jalur zonasi dengan siswa jalur prestasi tahun ajaran 2020/2021 di SMP Negeri 25 Kota Malang / Firnanda Imam Ramadhan

Ramadhan, Firnanda Imam (2020) Studi komparatif mengenai kepercayaan diri siswa jalur zonasi dengan siswa jalur prestasi tahun ajaran 2020/2021 di SMP Negeri 25 Kota Malang / Firnanda Imam Ramadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di dalam lingkup sekolah kepercayaan diri siswa merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kepercayaan diri itu sendiri berasal dari faktor internal maupun eksternal termasuk sistem penerimaan siswa baru dan penempatan siswa di kelas-kelas pada awal tahun ajaran baru. Sistem penddikan yang baru akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri siswa ditambah dengan sistem pendidikan yang baru ini ada kelompok-kelompok dalam penerapanya antara lain Jalur Zonasi Jalur Afirmasi Jalur Perpindahan Orang Tua dan Jalur Prestasi. Dalam penelitian ini diambil 2 kelompok yaitu Jalur Zonasi dan Jalur Prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepercayaan diri siswa jalur zonasi tingkat kepercayaan diri jalur prestasi serta untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara siswa jalur zonasi dengan siswa jalur prestasi tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian komparatif yaitu membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda atau pada waktu yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan dengan jumlah 94 responden yang terdiri dari 64 sampel dari kelompok jalur zonasi dan 30 sampel dari kelompok jalur prestasi dengan menggunakan skala kepercayaan diri dalam bentuk angket online. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang diterima melalui jalur zonasi dengan kelompok siswa yang diterima melalui jalur prestasi di SMPN 25 Kota Malang tahun ajaran 2020/2021. Saran dari hasil penelitian ini antara lain 1) Konselor dapat mengetahui bahwa sistem pendidikan akan terus berkembang sehingga konselor dapat mengimplementasikan peranya untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri siswa 2) Peneliti lain diharapkan untuk lebih dapat meluaskan lingkup penelitian karena penelitian ini terkait dengan sistem pendidikan yang ada meluaskan lingkup penelitian mulai dari tingkat Kota Tingkat Provinsi dan Seluruh Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148203

Actions (login required)

View Item View Item