survei kesiapan belajar siswa saat pembelajaran daring di sma negeri 8 malang / yoga budiharjo - Repositori Universitas Negeri Malang

survei kesiapan belajar siswa saat pembelajaran daring di sma negeri 8 malang / yoga budiharjo

Budiharjo, Yoga Budiharjo (2021) survei kesiapan belajar siswa saat pembelajaran daring di sma negeri 8 malang / yoga budiharjo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Budiharjo Yoga. 2021. Survei Kesiapan Belajar Siswa Saat Pembelajaran Daring di SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ella Faridati Zen. M.Pd (II) Dr. Arbin Janu Setiyowati S.Pd. M.Pd Kata Kunci kesiapan belajar pembelajaran daring siswa SMA Kesiapan belajar adalah kesediaan untuk memberikan respon atau bereaksi dan kesediaan ini timbul dalam diri seseorang dan juga berhubungan dengan kematangan karena kematangan berarti kesiapan untuk melaksanakan kecakapan. Kesiapan ini perlu diperhatikan dalam proses belajar karena jika siswa belajar dan dalam dirinya sudah ada kesiapan maka belajarnya akan lebih baik. seseorang akan bersedia memberikan respon dalam proses belajar apabila seorang tersebut memiliki kematangan atau kesiapan dalam dirinya. Dalam proses belajar kesiapan ini sangat perlu untuk dilakukan. Apabila seseorang belajar dan dalam dirinya sudah ada kesiapan maka belajarnya akan lebih baik maka dengan teknik survei kesiapan belajar dapat mengetahui kesiapan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar siswa SMA Peneliti mengadaptasi model penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah kelas X di SMA Negeri 8 Malang. Sampel penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang jumlah siswa 105 dengan menggunakan skala kesiapan belajar. Dengan analisis kuantitatif deskriptif diketahui terdapat 70 item pernyataan yang berkorelasi tinggi dengan kriteria Baik. Skala berarti telah memiliki validitas yang sangat tinggi dengan Alpha Cronbachs 0 967. Dapat disimpulkan jika skala relevan untuk mengetahui kesiapan belajar siswa. Hasil penelitian 1.) kesiapan fisik sebagian besar siswa masuk dalam kategori baik dengan persentase 57 14% 2.) kesiapan psikis sebagian besar siswa masuk dalam kategori baik dengan persentase 59 05% dan 3.) kesiapan materi sebagian siswa masuk dalam kategori baik dengan persentase 51 43%. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang perlu dipertimbangkan bagi konselor dan bagi peneliti selanjutnya. Saran untuk konselor adalah data hasil penelitian ini dapat digunakan konselor untuk pertimbangan dalam memberikan layanan bimbingan yakni meningkatkan kesiapan belajar siwa ketika melaksanakan pembelajaran daring. Bagi peneliti selanjutnya untuk meraancang strategi interaksi untuk meningkatkan kesiapan belajar siswa khususnya dalam pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148194

Actions (login required)

View Item View Item