Hubungan dukungan teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan perilaku hedonis siswa sma negeri 1 tarakan / Fitri Haerunisa Rudiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan dukungan teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan perilaku hedonis siswa sma negeri 1 tarakan / Fitri Haerunisa Rudiani

Rudiani, Fitri Haerunisa Rudiani (2021) Hubungan dukungan teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan perilaku hedonis siswa sma negeri 1 tarakan / Fitri Haerunisa Rudiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rudiani F.H. 2021. Hubungan dukungan teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan Perilaku hedonis Siswa SMA Negeri 1 Tarakan. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. M Ramli M.A. (II). Yuliati Hotifah S.Psi. M.Pd Kata Kunci Dukungan teman sebaya Kecerdasan emosional Perilaku hedonis Perilaku hedonis adalah perilaku berfoya-foya yang membuat individu bahagia dan merasa senang karena dengan perilaku hedonis dapat menghindari perasaan-perasaan negatif yang muncul. Perilaku hedonis dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah dukungan teman sebaya dan kecerdasan emosional. Oleh karena itu penelitian ini guna mengetahui hubungan dukungan teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan perilaku hedonis di SMA Negeri 1 Tarakan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif serta rancangan korelasional untuk mengetahui hubungan dukungan teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan perilaku hedonis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tarakan. Jumlah sampel penelitian ini adalah 104 orang murid. Penelitian ini diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan skala dukungan teman sebaya skala kecerdasan emosional dan skala perilaku hedonis. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan teman sebaya siswa SMA Negeri 1 Tarakan banyak masuk dalam kategori sedang dengan jumlah 79 siswa kecerdasan emosional sangat banyak dalam kategori sedang dengan jumlah 79 siswa begitupun dengan perilaku hedonis banyak siswa masuk dalam kategori sedang dengan jumlah 80 siswa. Sumbangan efektif dukungan teman sebaya terhadap perilaku hedonis sebesar 0 4% sumbangan efektif kecerdasan emsoional terhadap perilaku hedonis sebesar 8 5% dan sumbangan efektif dukungan teman sebaya dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap perilaku hedonis sebesar 8 9%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan sebagai berikut (1) Guru BK Hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi dan acuan oleh guru BK mengembangkan program dalam mencegah munculnya perilaku hedonis melalui peningkatan dukungan teman sebaya dan kecerdasan emosional (2) Peneliti selanjutnya Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan kepada peneliti selanjutnya bahwa banyak aspek selain dukungan teman sebaya dan kecerdasan emosional yang dapat mempengaruhi perilaku hedonis seperti faktor-faktor yang memperngaruhi perilaku hedonis serta dapat menjangkau penelitian yang yang luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148185

Actions (login required)

View Item View Item