Survei tingkat keterbukaan diri pada siswa kelas xi smk negeri 1 mlarak ponorogo / Evi Hikmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Survei tingkat keterbukaan diri pada siswa kelas xi smk negeri 1 mlarak ponorogo / Evi Hikmawati

Hikmawati, Evi Hikmawati (2021) Survei tingkat keterbukaan diri pada siswa kelas xi smk negeri 1 mlarak ponorogo / Evi Hikmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterbukaan diri yaitu kemampuan seseorang untuk mengkomunikasikan informasi mengenai dirinya yang bersifat pribadi yang sebelumnya belum pernah diketahui oleh orang lain dan disimpan oleh dirinya sendiri. Keterbukaan diri sangat penting bagi siswa. Dengan mengungkapkan diri siswa mendapat kesempatan untuk mengekspresikan perasaan secara lebih terbuka. Mengekspresikan emosi bisa membantu siswa mengurangi beban. Dengan berkurangnya beban masalah pribadi serta diperolehnya dukungan dari orang lain siswa dapat melihat masalah dari perspektif baru dan akan lebih mampu menyelesaikannya sehingga tidak mengganggu atau mempengaruhi proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbukaan diri siswa kelas XI SMK Negeri 1 Mlarak Ponorogo. Lebih khususnya yaitu sikap terbuka siswa terhadap 6 aspek diri yaitu (1) Attitudes/Opinions (sikap atau pendapat) (2) Tastes and interest (kesukaan dan minat) (3) Work/studies (pekerjaan atau pendidikan) (4) Money (penghasilan/uang) (5) Personality (kepribadian) (6) Body (tubuh). Penelitian ini menggunakan desain penelitian survey dengan populasi 158 peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Mlarak Ponorogo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple purposive sampling. Metode sampling ini digunakan dengan tujuan memberikan kesempatan yang sama kepada populasi untuk dijadikan sampel secara acak. Selain itu metode simple random sampling ini digunakan karena analisis penelitian yang dituju cenderung deskriptif dan bersifat umum. Data dikumpulkan dengan cara membagikan instrumen keterbukaan diri kepada siswa menggunakan google form kemudian data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan data yang dikumpulkan tingkat keterbukaan diri siswa SMK Negeri 1 Mlarak Ponorogo yang berada pada kategori tinggi sebesar 7.5% sedangkan yang berada pada kategori sedang sebesar 75% dan pada kategori rendah sebesar 17.5%. Hasil penelitian dapat digunakan konselor untuk menentukan jenis layanan yang tepat seperti bimbingan klasikal dengan tema etika dalam keterbukaan diri dan bimbingan kelompok khusu untuk siswa yang memiliki keterbukaan diri rendah. Sementara untuk peneliti selanjutnya dapat mengkaji lebih lanjut keterbukaan diri siswa melalui penelitian eksperimen atau pengembangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148182

Actions (login required)

View Item View Item