Pengembangan paket pelatihan bimbingan resiliensi dengan teknik outbound untuk siswa smp / Lila Puspitaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pelatihan bimbingan resiliensi dengan teknik outbound untuk siswa smp / Lila Puspitaningrum

Puspitaningrum, Lila Puspitaningrum (2021) Pengembangan paket pelatihan bimbingan resiliensi dengan teknik outbound untuk siswa smp / Lila Puspitaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada masa remaja individu dihadapkan pada persoalan hidup yang harus dihadapi dengan ketahanan diri atau resiliensi yang tinggi. Namun remaja yang memiliki resiliensi rendah akan menghadapi persoalan hidup dengan perilaku negatif. Resiliensi pada diri individu merupakan kemampuan untuk bangkit menghadapi dan mengatasi masalahnya. Resiliensi menjadi kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Untuk itu mengembangkan resiliensi pada diri remaja perlu dilakukan hal ini bertujuan untuk membangun kekuatan individu dan menjaga kesehatan mental. Terdapat tujuh faktor pembentuk resiliensi yaitu regulasi emosi implus control optimisme causal analysis empati efikasi diri reaching out. Ketujuh faktor inilah yang perlu dilatih agar membentuk individu dengan resiliensi yang tinggi. Bimbingan Konseling dapat berperan untuk membantu siswa mengembangkan ketrampilan resiliensi. Salah satunya dengan menggunakan teknik outbound. Teknik outbound menjadi pola pengembangan potensi sumber daya manusia melalui pendidikan yang terintegrasi dengan media simulasi di alam terbuka yang tujuan untuk memberikan ruang belajar serta pemikiran dan pemahaman melalui permainan ndash permainannya. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti mencoba mengembangan suatu produk untuk memberikan layanan resiliensi kepada siswa dengan teknik outbound. Penelitian dan pengembangan ini memodifikasi prosedur pengembangan model Research and Development (R amp D) Borg and Gall (1983) yang terdiri dari 10 langkah yaitu potensi masalah pengumpulan data desain produk validasi desain uji coba pemakaian revisi produk I uji coba produk revisi desain revisi produk II dan produksi masal. Dari keseluruhan tahapan tersebut peneliti memodifikasi sampai tahap revisi II setelah uji calon pengguna produk. Pengembangan diawali dengan tahap Persiapan yang terdiri dari kajian pustaka untuk menyusun dasar teori menganalisis kebutuhan dan potensi masalah menentukan tujuan pengembangan dan menyiapkan bahan yang diperlukan untuk pengembangan. Tahap kedua merupakan tahap pengembangan. Pada tahap ini peneliti menyusun prototype produk pengembangan dan mendesain produk. Lalu tahap ketiga adalah tahap validasi yang terdiri dari uji coba produk awal revisi I uji coba pengguna produk dan revisi II. Selanjutnya penyusunan produk akhir. Hasil dari pengembangan ini berupa panduan paket pelatihan bimbingan yang digunakan konselor sebagai pedoman dalam memberikan layanan bimbingan resiliensi dengan teknik outbound. Pada pengembangan ini dilakukan uji kelayakan oleh ahli materi bimbingan dan konseling dan ahli desain. hasil penilaian dari kedua ahli adalah produk pengembangan dianggap sangat layak digunakan untuk panduankonselor. Selanjutnya produk diuji kapada calon pengguna produk yaitu konselor. hasil dari uji calon pengguna produk yaitu produk dianggap sangat layak untuk digunakan. Dapat disimpulkan bahwa produk layak sesuai dengan tujuan dibuatnya pengembangan ini. Namun pada penelitian dan pengembangan ini peneliti belum mengukur tingkat efektifitas dan uji operasional produk. Sehingga dapat menjadi saran untuk perkembangan produk lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148181

Actions (login required)

View Item View Item