Pemberdayaan remaja Desa Jambu melalui taman bacaan masyarakat "gelaran buku jambu Daar El Fikr" Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri / Karimatus Sa'adah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemberdayaan remaja Desa Jambu melalui taman bacaan masyarakat "gelaran buku jambu Daar El Fikr" Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri / Karimatus Sa'adah

Sa'adah, Karimatus (2020) Pemberdayaan remaja Desa Jambu melalui taman bacaan masyarakat "gelaran buku jambu Daar El Fikr" Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri / Karimatus Sa'adah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai masalah sosial yang muncul di masyakat menjadikan istilah pemberdayaan semakin dikenal oleh masyarakat. Salah satu upaya pemberdayaan yang bisa meningkatkan sumberdaya manusia dan membangun remaja dalam mengembangkan potensi diri dalam diri mereka yakni dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan non formal seperti memberikan pelatihan dan keterampilan. Dalam hal ini khususnya pemberdayaan yang ditukan kepada Remaja Desa Jambu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemberdayaan yang dilakukan oleh TBM Daar El Fikr melalui program Ndarus kemudian mendiskripsikan peranan apa saja yang dimiliki TBM Daar El Fikr dalam pemberdayaan Remaja Desa Jambu. Dengan rumusan masalah sebagai berikut 1) Bagaimana program pemberdayaan remaja Desa Jambu yang dilaksanakan oleh TBM Daar El Fikr 2) Bagaimana peran TBM Daar El Fikr dalam pemberdayaan Remaja Desa Jambu Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan studi dokumentasi. Validitas dan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) program pemberdayaan yang dilaksanakan oleh TBM Daar El Fikr merupakan pemanfaatan dari trasisi Desa yaitu Ndarus. Kemudian program Ndarus dibagi menjadi beberapa program yaitu tadarus sastra ulas baca lesehan pustaka nonton serempak terbit karya dan festival literasi kampung. Secara keseluruhan proses pelaksanaan program pemberdayaan remaja yang dilaksanakan oleh TBM Daar El Fikr berkaitan dengan input dan output yang dijelaskan oleh Sarah Cook dan Steve Mauculay ( input berupa authority confidence and competence trust opportunies responsibility support ) serta output yang berupa (Self respect self confiedence dan self reliance) 2) TBM Daar El Fikr memiliki dua peranan dalam proses pemberdayaan remaja yaitu peran pendidikan dan peran sumberdaya manusia. Hal ini terbukti pada bidang pendidikan bahwa remaja memiliki peningkatan prestasi di sekolah sedangkan pada bidang sumberdaya manusia remaja menjadi lebih kreatif dan inovatif serta remaja desa menjadi lebih mandiri dan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dalam memilih apa yang menjadi tujuan hidup mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148169

Actions (login required)

View Item View Item