penerapan pembelajaran program inklusi pada anak berkebutuhan khusus di sman 9 malang / nindi putri febyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

penerapan pembelajaran program inklusi pada anak berkebutuhan khusus di sman 9 malang / nindi putri febyanti

Febyanti, Nindi Putri Febyanti (2021) penerapan pembelajaran program inklusi pada anak berkebutuhan khusus di sman 9 malang / nindi putri febyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak berkebutuhan khusus di Indonesia masih terdapat banyak yang belum mempunyai kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas sesuai dengan kelainan mereka. Yang kemudian pemerintah membuat sebuah program pendidikan inklusi dengan adanya program tersebut diharapkan dapat memberikan layanan yang layak dan yang disesuaikan dengan kebutuhan anak yang memiliki kebutuhan luar biasa dan juga untuk membuat kemajuan dan membangun generasi penerus bangsa terdepan yang memiliki kebutuhan khusus dan memiliki potensi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberi wawasan kepada masyarakat luas tentang pelaksanaan program inklusi yang diterapkan di SMAN 9 Malang yang dilihat dari perspektif teori AGIL Talcott Parson. Metode penelitian dalam penggalian data menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memilah data klasifikasi data perpaduan data dan diakhiri dengan pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian yang dianalisis dengan menggunakan teori AGIL menunjukkan bahwa sekolah SMAN 9 Malang merupakan sekolah reguler yang kemudian pemerintah menerapkan program inklusi disekolah tersebut yang dimana pihak sekolah menyesuaikan diri dengan program tersebut agar bisa berjalan tujuan dari diterapkannya pembelajaran program inklusi yaitu untuk memberikan kesempata anak berkebutuhan khusus di khususnya di Malang agar bisa bersekolah dan mendapatkan pendidikan di sekolah biasa yang menjadi satu dengan anak normal lainnya. Untuk melaksanakan program tersebut maka pihak sekolah melakukan kerjasama dengan pihak lain seperti SLB yang ada dimalang. Kemudian pihak sekolah membuat sebuah perangkat pembelajaran khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan anak yang memiliki kebutuhan luar biasa diamana perangkat pembelajaran dikembangkan lagi menjadi yang lebih baik untuk kedepannya agar program inklusi tetap berjalan sesuai yang diharapkan. Saran dari penulis terkait dengan penelitian ini adalah pentingnya kerjasama yang baik antara pendidik dan orang tua siswa agar siswa yang berkebutuhan khusus tersebut bisa mendapatkan pelayan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148166

Actions (login required)

View Item View Item