Pengembangan bahan ajar e-modul tentang sejarah tanah perdikan Pakuncen (1722-1946) untuk penunjang pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS SMAN 2 Nganjuk / Evi Aulia Prasetya Yudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar e-modul tentang sejarah tanah perdikan Pakuncen (1722-1946) untuk penunjang pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS SMAN 2 Nganjuk / Evi Aulia Prasetya Yudi

Yudi, Evi Aulia Prasetya (2020) Pengembangan bahan ajar e-modul tentang sejarah tanah perdikan Pakuncen (1722-1946) untuk penunjang pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS SMAN 2 Nganjuk / Evi Aulia Prasetya Yudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yudi Evi Aulia Prasetya 2020. Pengembangan E-Modul Tentang Sejarah Tanah Perdikan Pakuncen (1722-1946) Untuk Penunjang Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X IPS SMAN 2 Nganjuk. Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum. Pengembangan bahan ajar dalam proses pembelajaran di sekolah digunakan untuk memberikan referensi sumber dan bentuk inovasi keseragaman materi yang disampaikan. Berdasarkan informasi dari guru mata pelajaran sejarah di SMAN 2 Nganjuk ketersediaan bahan ajar terutama yang menggali sumber sejarah lokal sangatlah minim. Keterbatasan sumber bacaan sejarah lokal Nganjuk menyebabkan sulitnya guru untuk mencapai kompetensi dasar dalam pembelajaran sejarah. Demi tercapainya suatu tujuan pembelajaran dibutuhkan sebuah inovasi dan kreatifitas dalam mengolah informasi mendesain dan menyajikan ke dalam sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Salah satu inovasi yang dilakukan yakni membuat E-Modul dengan materi Sejarah Tanah Perdikan Pakuncen (1722-1946). Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam Penelitian dan Pengembangan ini ialah menghasilkan produk berupa bahan ajar E-Modul yang dikhususkan bagi siswa kelas X. Diharapkan produk ini dapat menumbuhkan semangat belajar siswa serta dapat menunjang pembelajaran sejarah di sekolah sehingga mudah memahami materi sejarah lokal tentang Tanah Perdikan Pakuncen (1722-1946). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R D). adapun model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model Sugiyono 2017 dan telah dimodifikasi oleh peneliti karena disesuaikan oleh kebutuhan peneliti. Berdasarkan hasil analisis data hasil validasi dari ahli materi mendapat nilai 87% sedangkan ahli media mendapat nilai 91 25%. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan kesimpulan bahwa produk E-Modul ini sangat valid untuk menjadi penunjang pembelajaran sejarah di sekolah khususnya SMA Negeri 2 Nganjuk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148156

Actions (login required)

View Item View Item