Pengembangan scrapbook sebagai media pembelajaran sejarah dalam materi awal masuknya Jepang di Indonesia untuk kelas X SMK Negeri 11 Malang / Fu'aida Estikomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan scrapbook sebagai media pembelajaran sejarah dalam materi awal masuknya Jepang di Indonesia untuk kelas X SMK Negeri 11 Malang / Fu'aida Estikomah

Estikomah, Fu'aida (2020) Pengembangan scrapbook sebagai media pembelajaran sejarah dalam materi awal masuknya Jepang di Indonesia untuk kelas X SMK Negeri 11 Malang / Fu'aida Estikomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya buku referensi sebagai sumber belajar sejarah dan kurangnya media pembelajaran yang menarik dalam proses pembelajaran sejarah di sekolah. Seperti halnya yang terjadi di SMK Negeri 11 Malang berdasarkan pada data awal yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran sejarah masih terbilang terbatas. Selain itu dalam pembelajaran sejarah siswa hanya terpaku pada satu sumber belajar berupa buku paket dengan jumlah yang terbatas. Hal ini tentunya akan memengaruhi motivasi belajar siswa pada matapelajaran sejarah. Untuk itu pemanfaatan media pembelajaran yang menarik diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa memudahkan siswa dalam memahami materi dan menciptakan proses pembelajaran yang menarik. Penggunaan media pembelajaran yang menarik juga dimaksudkan agar siswa tidak hanya fokus pada matapelajaran produktif sesuai dengan jurusannya tetapi juga menaruh perhatian pada matapelajaran non-produktif seperti sejarah. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media berbasis cetak berupa Scrapbook. Media cetak dipilih sebagai salah satu upaya untuk mengurangi ketergantungan siswa pada penggunaan gadget sehingga siswa bisa lebih fokus dan lebih banyak berinteraksi pada proses pembelajaran. Adapun materi yang dipilih adalah materi Awal Masuknya Jepang di Indonesia. Hal ini didasarkan pada kebutuhan sumber belajar serta media pembelajaran yang masih minim dan kurangnya pemahaman siswa pada materi Awal Masuknya Jepang di Indonesia. Adapun tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan dan mengetahui keefektifan penggunaan media Scrapbook dalam materi Awal Masuknya Jepang di Indonesia untuk kelas X SMK Negeri 11 Malang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) mengacu pada model yang dikembangkan oleh Sugiyono (2013) dan terdiri dari sepuluh tahapan sebagai berikut 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) uji coba pemakaian 6) revisi produk 7) uji coba produk 8) revisi desain 9) revisi produk dan 10) produksi massal. Namun peneliti hanya membatasi hingga menghasilkan produk akhir tanpa melakukan produksi massal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya keterbatasan waktu biaya serta faktor-faktor yang belum terpenuhi untuk melakukan produksi massal. Produk Scrapbook yang dihasilkan merupakan media berbasis cetak berukuran 26 cm x 18 cm dengan bentuk landscape yang memuat foto gambar peta serta materi yang didesain dengan dekorasi yang menarik dan memvariasikannya dengan lipatan-lipatan kertas 3 dimensi. Sebelum dilaksanakan uji coba pemakaian pada siswa produk Scrapbook materi Awal Masuknya Jepang di Indonesia yang dihasilkan telah melalui tahap validasi oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil validasi diperoleh persentase sebesar 88 8% dari ahli materi dan persentase sebesar 87 5% dari ahli media. Selanjutnya pada uji coba pemakaian diperoleh persentase sebesar 89 5% dari uji coba kelompok kecil dan persentase sebesar 85 6% dari uji coba kelompok besar. Adapun dari hasil data pada validasi dan keefektifan media pembelajaran dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Scrapbook materi Awal Masuknya Jepang di Indonesia sangat valid dan sangat efektif sehingga layak untuk digunakan siswa dalam proses pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148154

Actions (login required)

View Item View Item