Implementasi e-learning berbasis google classroom dalam pembelajaran sejarah kelas X SMK Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang tahun ajaran 2020/2021 / Luthfa Maslukhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi e-learning berbasis google classroom dalam pembelajaran sejarah kelas X SMK Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang tahun ajaran 2020/2021 / Luthfa Maslukhi

Maslukhi, Luthfa (2020) Implementasi e-learning berbasis google classroom dalam pembelajaran sejarah kelas X SMK Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang tahun ajaran 2020/2021 / Luthfa Maslukhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menghadapi pandemi Covid-19 pemerintah menetapkan kebijakan untuk menyelenggarakan pembelajaran secara daring sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran. Sekolah-sekolah harus beradaptasi dengan cepat dari pembelajaran di kelas tatap muka ke kelas virtual. Berbagai media atau platform digunakan sesuai dengan kebijakan sekolah masing-masing. SMK Diponegoro Tumpang mengimplementasikan e-learning berbasis google classroom dalam pembelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses implementasi e-learning berbasis google classroom dalam pembelajaran sejarah kelas X di SMK Diponegoro Tumpang (2) untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan pada proses implementasi e-learning berbasis google classroom dalam pembelajaran sejarah kelas X di SMK Diponegoro Tumpang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat menunjukkan dua kesimpulan. Pertama implementasi e-learning berbasis google classroom di SMK Tumpang adalah sebagai subtitusi pembelajaran tatap muka karena sepenuhnya melalui internet. Kegiatan pembelajaran sudah berjalan sesuai dengan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) namun belum maksimal. Perlu adanya peningkatan dalam langkah-langkah kegiatan pembelajaran baik kegiatan pendahuluan kegiatan inti maupun kegiatan evaluasi. Guru telah menjadi fasilitator dan motivator yang baik. Kedua kendala dalam implementasi e-learning adalah a) kendala dari aspek sarana penunjang yaitu internet lambat dan perangkat tidak mendukung memori handphone penuh. b) kendala dari aspek sumber daya manusia yaitu penguasaan perangkat dan e-learning yang masih kurang tingkat motivasi rendah tingkat kedisiplinan kurang. c) kendala dari aspek materi atau bahan ajar yang harus disesuaikan dengan kebutuhan di SMK. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut adalah a) menggunakan provider yang disesuaikan dengan daerah dan kemampuan memprioritaskan belajar. b) peningkatan kompetensi dari guru maupun siswa dan pemanfaatan diskusi dari orang sekitar. c) mencari bahan ajar dan materi yang sesuai menyediakan bahan ajar dan materi yang beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148153

Actions (login required)

View Item View Item