pemanfaatan museum mpu purwa sebagai sumber belajar sejarah masa pandemi bagi siswa kelas x animasi 2 smkn 11 malang / ela nurhidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

pemanfaatan museum mpu purwa sebagai sumber belajar sejarah masa pandemi bagi siswa kelas x animasi 2 smkn 11 malang / ela nurhidayati

Nurhidayati, Ela Nurhidayati (2021) pemanfaatan museum mpu purwa sebagai sumber belajar sejarah masa pandemi bagi siswa kelas x animasi 2 smkn 11 malang / ela nurhidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Museum Mpu Purwa merupakan tempat penyimpanan benda-benda peninggalan benda purbakala di Malang dan sekitarnya dalam suatu tempat yang khusus. Melalui koleksinya Museum Mpu Purwa memiliki benda-benda sejarah dalam 5 kerajaan dan ini kurang dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa paparan dari pemandu Museum Mpu Purwa terkait dengan sejarah museum dan pemanfaatan serta paparan dari guru dan siswa kelas X Animasi 2 terkait dengan Pemanfaatan Museum Mpu Purwa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah human instrument serta instrumen pengunjung yang terdiri dari pedoman observasi pedoman wawancara. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Tahap penelitian dimulai dari persiapan penelitian eksplorasi dan penulisan. Bedasarkan hasil analisis tersebut diperoleh dua kesimpulan. Pertama pemanfaatan Museum Mpu Purwa sebagai sumber belajar sejarah masa Pandemi. Pemanfaatan Museum Mpu Purwa adalah benda-benda peninggalan dari 5 Kerajaan yaitu Kanjuruhan Mataram Kuno Kadiri Singhasari dan Majapahit dan koleksi dai 5 Kerajaan yaitu Brahma Catur Muka Ganesya Bunulrejo Bodhisatwa Manjuseri Prasasti Muncang dan Prasasti Dinoyo. Keadaan koleksi tersebut masih baik sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar. Selain itu pemanfaatan lain yang dimiliki Museum Mpu Purwa yakni ketersediaan pemandu wisata sehingga dapat memberikan informasi mengenai koleksi Museum Mpu Purwa. Kedua Pemanfaatan Museum Mpu Purwa sebagai sumber belajar sejarah yaitu melakukan pembelajaran secara online (daring) melalui google meet penggunaannya masih banyak terdapat keterbatasan diantaranya permasalahan kuota internet dan jaringan yang memadai agar bisa menggunakan google meet. Pembelajaran sejarah secara kontekstual dilakukan agar tidak hanya sekedar mengingat peristiwa sejarah itu sendiri tetapi bisa mengambil nilai dari sebuah peristiwa sejarah dan akhirnya peristiwa sejarah tersebut bisa melekat dalam memori jangka panjang. Pembelajaran sejarah secara online kedepan nya bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan inovasi yang lebih baik lagi. Meskipun siswa tidak melihat langsung di museum dan tidak bisa memegang koleksi tapi survei menunjukkan bahwa sementara siswa menikmati pembelajaran secara online karena meraka aktif bertanya kepada pemandu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148152

Actions (login required)

View Item View Item