pengembangan media pembelajaran poster elektronik dengan materi pendudukan jepang di indonesia pada tahun 1942-1945 untuk siswa kelas xi mia di sman 1 ngoro kabupaten mojokerto / nonik qurnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran poster elektronik dengan materi pendudukan jepang di indonesia pada tahun 1942-1945 untuk siswa kelas xi mia di sman 1 ngoro kabupaten mojokerto / nonik qurnaini

Qurnaini, Nonik Qurnaini (2021) pengembangan media pembelajaran poster elektronik dengan materi pendudukan jepang di indonesia pada tahun 1942-1945 untuk siswa kelas xi mia di sman 1 ngoro kabupaten mojokerto / nonik qurnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Qurnaini Nonik. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Poster Elektronik dengan Materi Pedudukan Jepang di Indonesia pada Tahun 1942-1945 untuk Peserta Didik Kelas XI MIA 1 di SMAN 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Kasimanudin Ismain M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Poster Elektronik Pendudukan Jepang di Indonesia pada tahun 1942-1945 Produk pengembangan media pembelajaran poster elektronik dikembangkan berdasarkan permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran sejarah pada kelas XI MIA 1 di SMAN 1 Ngoro Kabupaten Mojokerto. Permasalahan yang dihadapi yaitu peserta didik kurang memahami materi pendudukan Jepang di Indonesia karena kesulitan dengan istilah bahasa asing kurangnya minat membaca keterbatasan sumber belajar sejarah kurangnya buku penunjang matapelajaran sejarah kurangnya media pembelajaran pendukung dan sarana dan prasarana yang kurang dimafaatkan. Pemilihan poster elektronik karena produk sesuai untuk permasalahan yang ada di sekolah produk poster elektronik yang pertama dikembangkan di sekolah tempat peneliti dan produk diperlukan dalam pembelajaran di sekolah apalagi di era pandemi media pembelajaran yang berbasis elektronik sangat diperlukan. Tujuan dikembangkannya media poster elektronik yaitu menghasilkan produk media pembelajaran berupa poster elektronik meningkatkan minat baca peserta didik menciptakan sistem pembelajaran yang kreatif efektif dan menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar dan kemampuan peserta didik dalam memahami materi. Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan peneliti menggunakan model penelitian dan pengembangan versi dari Sugiyono (2015) terdiri atas (1) Desain Uji Coba (uji coba ahli materi dan media uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dan bantuan orang lain) (2) Subjek Uji Coba (uji coba terbatas dan uji coba lebih luas) (3) Jenis Data (data kuantitatif dan data kualitatif) (4) Instrumen Pengumpulan Data (observasi lembar validasi ahli angket uji coba pedoman wawancara dan tes) dan (5) Teknis Analisis Data (Teknik validasi produk dan analisis kelayakan produk). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu produk media pembelajaran poster elektronik. Hasil validasi produk memeroleh nilai presentase ahli materi sebesar 90%. Nilai presentase ahli media sebesar 100%. Pada hasil uji coba kelompok kecil memeroleh nilai presentase untuk penilaian produk sebesar 92 5%. Hasil uji coba kelompok besar memeroleh nilai presentase untuk penilaian produk sebesar 95 3% dan hasil evaluasi soal untuk pemahaman materi dan minat baca memeroleh nilai presentase sebesar 89 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran poster elektronik layak digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148151

Actions (login required)

View Item View Item