Pengaruh penerapan pembelajaran video untuk meningkatkan pengetahuan sejarah islam dan hasil belajar peserta didik matapelajaran sejarah kelas x iis 4 man 1 tulungagung// / Faiz Nurhabib Fanani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pembelajaran video untuk meningkatkan pengetahuan sejarah islam dan hasil belajar peserta didik matapelajaran sejarah kelas x iis 4 man 1 tulungagung// / Faiz Nurhabib Fanani

Fanani, Faiz Nurhabib Fanani (0000) Pengaruh penerapan pembelajaran video untuk meningkatkan pengetahuan sejarah islam dan hasil belajar peserta didik matapelajaran sejarah kelas x iis 4 man 1 tulungagung// / Faiz Nurhabib Fanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan dari sarat kebudayaan yang dinamis dan sarat perkembangan. Perubahan dalam arti perbaikan pendidikan pada semua tingkat perlu terus-menerus dilakukan sebagai antisipasi kepentingan masa depan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada hari Sabtu 18 Januari 2020 pada mata pelajaran sejarah di MAN 1 Tulungagung peneliti menenmukan sebagian permasalahan mengenai keterhambatan dalam proses pembelajaran sejarah yaitu proses pembelajaran yang berlangsung masih disajikan secara verbal tidak menggunakan media yang bervariasi sehingga membuat siswa bosan dalam belajar masih ada sebagian siswa yang kurang aktif main-main tidak fokus saat guru menyampaikan pembelajaran. Dengan adanya perkembangan teknologi media pembelajaran sekarang bervariasi. Setelah memperhatikan manfaat media pembelajaran dan macam-macam media pembelajaran maka peneliti menggunakan media pembelajaran audio-visual yang berupa video pembelajaran dalam penelitian ini. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai bagaimana penggunaan pembelajaran video di kelas X IIS4 MAN 1 Tulungagung serta apakah penggunaan pembelajaran video dapat meningkatkan pengetahuan sejarah Islam dan hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan pretest-posttest kelompok tunggal (one group pretest-posttest design). Kelompok tunggal artinya pengujian pada penelitian ini dilakukan hanya pada satu kelas. Pretest-posttest berfungsi untuk mengukur keberhasilan penelitian. Subyeknya adalah siswa kelas IIS4 MAN 1 Tulungagung dengan 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Uji Paired Sample T Test nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0 000 lt 0 05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pre test dengan post test yang artinya ada pengaruh penggunaan pembelajaran video dalam meningkatkan pengetahuan sejarah Islam dan hasil belajar untuk mata pelajaran sejarah pada siswa kelas X IIS 4 MAN 1 Tulungagung. Nilai t tabel juga menunjukkan 2 04523 karena nilai t hitung 12 995 gt t tabel 2 04523 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest dengan posttest ada pengaruh penggunaan pembelajara video dalam meningkatkan pengetahuan sejarah Islam dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan pengetahuan sejarah Islam siswa yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148130

Actions (login required)

View Item View Item