Penerapan model pembelajaran mnemonic untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah indonesia kelas x iis4 madrasah aliyan nurul ulum kebonsari kota malang / Alfina Rakhmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran mnemonic untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah indonesia kelas x iis4 madrasah aliyan nurul ulum kebonsari kota malang / Alfina Rakhmawati

Rakhmawati, Alfina Rakhmawati (0000) Penerapan model pembelajaran mnemonic untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah indonesia kelas x iis4 madrasah aliyan nurul ulum kebonsari kota malang / Alfina Rakhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah indonesia yang berada di bawah KKM yakni sebesar 67 52. Sehingga dalam penelitian ini peneliti memberikan alternatif solusi yakni penerapan model pembelajaran mnemonic untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia di kelas x IIS4 MA Nurul . Berdasarkan latar belakang terdapat dua rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut 1) bagaimana penerapan model pembelajaran mnemonic pada mata pelajaran.sejarah indonesia di kelas X IIS4 madrasah aliyah nurul ulum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan model spiral. Model spiral ini menandakan model yang bersiklus dari siklus satu ke siklus yang selnjutnya. Berdasarkan model ini PTK dilaksanakan 4 tahap yakni yahap perencanaan ( plan ) tindakan ( act ) pengamatan ( observe ) dan refleksi ( reflect ). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS4 tahun ajaran.2019/2020 di MA Nurul Ulum Kota Malang. Data pada penelitian ini diperoleh dari tes hasil belajar siswa dan pwngamatan yang dilakukan dalam dua siklus yakni siklus I dan II. Berdasarkan hasil tes dan pengamatan terhadap siswa kelas X IIS4 selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran mnemoic pada siklus I dan siklus II menunjukkan nilai sebesar 67 52 dan rata-rata hasil belajar pada siklus II menunjukkan nilai sebesar 85 48. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dari siklus I sampaj pada siklus II mengalami peningkatan yakni sebesar 19 03. Adapun saran untuk penelitian ini adalah berikut ini (1) penerapan model dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatan hasil belajar sehingga baik pula jika dimanfaatkan oleh guru dalam mata pelajaran lain selain pelajaran sejarah (2) siswa diharapkan dapat lebih aktif dan berpartisipasi dalam setiap proses pembelajaran (3) guru matapelajaran sejarah diharapkan dapat mengembangkan materi dengan model-model pembelajaran yang lebih beevariasi agar prose pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif serta menyenangkan dan (4) sekolah diharapkan dapat mendukung dan menfasilitasi guru matapelajaran dalam menerapkan model-model pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148128

Actions (login required)

View Item View Item