Pengembangan e-modul peran tentara Genie Pelajar di Blitar tahun 1948-1949 untuk siswa kelas XI SMAN 3 Kota Blitar / Parahita Hertarani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul peran tentara Genie Pelajar di Blitar tahun 1948-1949 untuk siswa kelas XI SMAN 3 Kota Blitar / Parahita Hertarani

Hertarani, Parahita (2020) Pengembangan e-modul peran tentara Genie Pelajar di Blitar tahun 1948-1949 untuk siswa kelas XI SMAN 3 Kota Blitar / Parahita Hertarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran sejarah dianggap mampu menanamkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Penanaman kesadaran sejarah bangsa Indonesia dapat dilakukan dengan mudah melalui pengenalan sejarah lokal disekitar tempat tinggal siswa sehingga dapat menghindarkan siswa dari keterasingan lingkungan. Akan tetapi tidak semua sekolah telah mengenalkan sejarah lokal di sekitar kepada siswa seperti SMAN 3 Kota Blitar. Selama ini pembelajaran sejarah di SMAN 3 Kota Blitar masih berpusat pada buku cetak dan LKS sehingga pembahas mengenai sejarah lokal di wilayah Blitar kurang tersampaikan. Maka pada penelitian ini dikembangkan sebuah bahan ajar baru dilingkungan sekolah yang di gabungkan dengan teknologi masa kini yaitu e-modul. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk bahan ajar berupa e-modul yang dikaitkan dengan sejarah lokal yang ada di wilayah Blitar untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa. Salah satu sejarah lokal yang dapat diperkenalkan kepada siswa adalah peran Tentara Genie Pelajar karena di Kota Blitar terdapat sebuah monumen TGP yang bangun untuk mengenang perjuangan tentara pelajar teknik dalam mempertahankan kemerdekaan. Materi TGP termasuk ke dalam bahasan KD 3.10 kelas XI jenjang SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau biasa disebut Ressearch dan Development (R amp D). Prosedur penelitian dan pengembangan diadaptasi dari langkah penelitian pengembangan milik Sugiono (2014) yang disesuaikan dengan kebutuhan lapangan. Penelitian ini dibatasi pada tahap potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji pemakaian dan revisi produk. Hasil validasi ahli materi menunjukkan presentase sebesar 86 % validasi ahli bahan ajar menunjukkan presentase sebesar 94 % uji coba kelompok kecil menunjukkan presentase sebesar 93 % dan ujicoba kelompok besar menunjukkan presentase sebesar 95 %. Sedangkan hasil pretest kelompok besar 49 hasil post test kelompok besar mendapat nilai rata-rata 97. Berdasarkan hasil presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul TGP Blitar sangat layak digunakan dalam pembelajaran sejarah dan dapat meningkatkan kesadaran sejarah siswa mengenai materi peran Tentara Genie Pelajar di Blitar tahun 1948-1949

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148124

Actions (login required)

View Item View Item