Pengembangan media pembelajaran komik digital pada materi pokok keruntuhan VOC untuk peserta didik kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Turen Kabupaten Malang / Ima Offiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran komik digital pada materi pokok keruntuhan VOC untuk peserta didik kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Turen Kabupaten Malang / Ima Offiana

Offiana, Ima (2020) Pengembangan media pembelajaran komik digital pada materi pokok keruntuhan VOC untuk peserta didik kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Turen Kabupaten Malang / Ima Offiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Offiana Ima. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Materi Pokok Keruntuhan VOC untuk Peserta Didik kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Turen Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dewa Agung Gede Agung M.Hum (II) Ulfatun Nafi rsquo ah S.Pd. M.Pd Kajian ini didasarkan pada pentingnya muatan materi sejarah kontekstual pada sebuah media pembelajaran. Sebab pelajaran sejarah yang materinya cenderung kompleks serta di luar pengalaman peserta didik justru seringkali menjadikannya tidak termotivasi untuk belajar sejarah. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan media pembelajaran yang dapat mengkonkritkan materi sejarah dan meningkatkan daya imajinasi peserta didik. Dengan demikian dibutuhkan sebuah inovasi dalam media pembelajaran sejarah terutama pada materi kolonial salah satunya ialah materi pokok keruntuhan VOC yang memuat pentingnya kesadaran sejarah. Di sisi lain salah satu media pembelajaran yang secara grafis mampu menarik perhatian memperjelas sajian ide dan mengilustrasikan atau menghiasi fakta adalah komik. Komik yang dikemas secara digital dapat menciptakan interaksi antara peserta didik dengan visual tersebut secara langsung sehingga meyakinkan terjadinya proses informasi. Berdasarkan beberapa hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan komik digital ldquo Keruntuhan VOC rdquo dan menguji efektivitas media pembelajaran yang memuat materi pokok keruntuhan VOC tersebut pada peserta didik kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Turen Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah model pengembangan program media yang meliputi identifikasi kebutuhan perumusan tujuan perumusan butir-butir materi perumusan alat pengukur keberhasilan penulisan naskah media tes/uji coba dan revisi. Produk penelitian dan pengembangan ini ialah berupa media komik digital ldquo Keruntuhan VOC rdquo yang memuat beberapa konten di dalamnya. Konten-konten yang terdapat dalam media ini meliputi pengenalan karakter daftar episode meliputi uraian materi berbagai penyebab runtuhnya VOC disebabkan oleh beberapa faktor serta naskah materi yang memuat foto dan ilustrasi serta peta wilayah kekuasaan VOC di Hindia Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas produk yang diperoleh dari ahli materi ialah sebesar 79 5% dan dari ahli media sebesar 98 8%. Hasil uji efektivitas produk pada uji coba kelompok kecil yang dilakukan pada 7 peserta didik menghasilkan persentase sebesar 91 9%. Hasil uji coba pemakaian terhadap kelompok besar yang diikuti oleh 28 peserta didik menghasilkan persentase sebesar 91 1%. Di sisi lain hasil pengukuran pre-test dan post-test mengalami peningkatan pada hasil belajar peserta didik. Adapun nilai rata-rata pre-test yang diperoleh ialah sebanyak 42 6 dan nilai rata-rata post-test ialah sebesar 75 3. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran Komik Digital ldquo Keruntuhan VOC rdquo tergolong dalam kategori sangat valid dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148123

Actions (login required)

View Item View Item