pengembangan bahan ajar kontekstual histando dalam pembelajaran sejarah indonesia di kelas xii ips 3 sma negeri 1 garum / sunna sasthia dewanty - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan bahan ajar kontekstual histando dalam pembelajaran sejarah indonesia di kelas xii ips 3 sma negeri 1 garum / sunna sasthia dewanty

Dewanty, Sunna Sasthia Dewanty (2021) pengembangan bahan ajar kontekstual histando dalam pembelajaran sejarah indonesia di kelas xii ips 3 sma negeri 1 garum / sunna sasthia dewanty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat cepat dapat mempengaruhi beberapa bidang salah satunya adalah pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi dapat dituangkan dalam bahan ajar. Namun sayangnya kemajuan teknologi dan informasi tidak bisa dimanfaatkan baik oleh guru masih banyak guru yang hanya menggunakan buku teks dan bahan ajar konvensional. Padahal membuat bahan ajar yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi tidak hanya menguntungkan guru dalam penyampaian materi namun juga untuk siswa sebab bahan ajar yang dibuat oleh guru sudah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Berdasarkan hasil observasi di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Garum dan wawancara dengan salah satu guru mata pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Garum terdapat beberapa permasalahan utama dalam proses pembelajaran yaitu guru hanya menggunakan bahan ajar dari pemerintah konvensional dan dari internet sehingga bahan ajar tidak sesuai kebutuhan dan kondisi peserta didik pengenalan bukti atau peninggalan sejarah disekitar peserta didik juga kurang karena belum tersedianya bahan ajar dengan materi sejarah lokal dalam proses pembelajaran. Sedangkan potensi yang peneliti dapatkan yaitu di SMA Negeri 1 Garum sudah tersedia wi-fi terdapat LCD dan pengeras suara serta peserta didik diperbolehkan membawa handphone. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar digital handout dan audio visual dengan judul Jejak SD Inpres di Kabupaten Blitar yang dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Garum serta menguji penguasaan materi bahan ajar. Penelitan dan pengembangan ini dilakukan dengan 10 prosedur penelitian dan pengembangan oleh Sugiyono (2017 409) namun sudah dimodifikasi dimana pada prosedur ke sembilan tidak dilakukan berikut sembilan prosedur yang dilakukan (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian dan (10) produksi masal. Bahan ajar yang dibuat adalah bahan ajar digital yang bisa diakses dengan internet untuk handout dibuat flip dimana didalamnya dimasukkan bahan ajar audio visual yang juga diunggah di Youtube. Materi dalam bahan ajar digital handout dan audio visual sama yang membedakan yaitu di bahan ajar audio visual materi dibuat lebih ringkas. Bahan ajar diberikan kepada peserta didik dengan memberikan alamat atau link sehingga peserta didik bisa langsung mengakses bahan ajar. Hasil dari uji validasi oleh ahli materi sebesar 92.38% sedangkan untuj uji validasi bahan ajar mendapatkan hasil sebesar 95.45%. Selain uji validasi oleh ahli materi dan bahan ajar bahan ajar juga di uji cobakan di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Garum pada uji coba kelompok kecil hasilnya adalah 89.3% sedangkan hasil uji coba kelompok besar adalah 84.23%. Kemudian untuk hasil uji penguasaan materi adalah 83.42%. Berdasarkan hasil tersebut bahan ajar yang dibuat oleh peneliti termasuk dalam kriteria valid atau layak dan tingkat penguasaan materi oleh siswa termasuk dalam kriteia tinggi sehingga bahan ajar dapat digunakan dalam proses pembelajaran sebagai bahan ajar pendamping yang mudah dipahami karena dilengkapi foto gambar serta animasi yang menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148116

Actions (login required)

View Item View Item