pengembangan media game kartu ingat sejarah (keringat sejarah) berbasis android pada materi pergerakan nasional kelas xi iis 1 sma negeri 3 blitar / song song wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media game kartu ingat sejarah (keringat sejarah) berbasis android pada materi pergerakan nasional kelas xi iis 1 sma negeri 3 blitar / song song wicaksono

Wicaksono, Song Song Wicaksono (2021) pengembangan media game kartu ingat sejarah (keringat sejarah) berbasis android pada materi pergerakan nasional kelas xi iis 1 sma negeri 3 blitar / song song wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam pendidikan. Media sendiri dapat berarti segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari satu pihak kepihak yang lain. Salah satu yang dapat dijadikan media pembelajaran yaitu game. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan produk game edukasi berbasis android dengan materi Organisasi Pergerakan Nasional berdasarkan KD 3.10 Menganalisis persamaan dan perbedaan tentang strategi pergerakan nasional. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IIS 1 SMA Negeri 3 Blitar. Pemilihan subyek penelitian didasari oleh observasi berupa angket kebutuhan dengan hasil bahwa kelas XI IIS 1 cukup antusias dengan media pembelajaran interaktif berupa game. Selain daripada itu wawancara dengan guru sejarah mengatakan bahwa peserta didik kelas tersebut kurang begitu memahami konsep dan menghafal peristiwa tanggal dan tokoh-tokoh seputar Organisasi Pergerakan Nasional. Oleh karena itu dipilih kelas XI IIS 1 dan materi Organisasi Pergerakan Nasional sebagai subyek penelitian dan pengembangan ini. Proses penelitian dan pengembangan produk Game Keringat Sejarah menggunakan model penelitian yang dikemukakan oleh Sugiyono (2017) yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penelitian. Prosedur yang ditempuh peneliti selama proses penelitian dan pengembangan sebagai berikut (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Uji coba produk (7) Revisi produk (8) Uji coba pemakaian (9) Revisi produk (10) Produk akhir. Pengembangan produk melewati dua tahap validasi yakni validasi materi dan validasi media. Validator materi yaitu Bapak Ronal Ridho rsquo i S.Hum. M.A dan validator media yaitu Ibu Lutfiah Ayundasari S.Pd. M.Pd. Subjek uji coba penelitian yaitu kelas XI IIS 1 dengan 5 peserta didik untuk uji coba kelompok kecil dan 27 peserta didik untuk uji coba kelompok besar di SMA Negeri 3 Blitar. Hasil yang didapatkan dalam penelitian dan pengembangan yaitu produk game Keringat Sejarah berbasis android dengan materi Pergerakan Nasional. Produk ini dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil validasi produk mendapatkan score dari validator materi sebesar 95% dan dari validator media mendapatkan score yang sama yaitu 95%. Untuk uji coba pemakaian pada kelompok kecil sebesar 98% dengan hasil rata-rata pretest 50 dan posttest 86 8. Uji coba kelompok besar menunjukkan nilai sebesar 94 2% dengan hasil rata-rata nilai pretest 50 6 dan nilai posttest 87 9. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan peneliti telah valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran sejarah. Adapun untuk pemanfaatan produk dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148109

Actions (login required)

View Item View Item