Pengembangan media pembelajaran sejarah video infografis berbasis motion graphic (vinora) pada materi peristiwa proklamasi kemerdekaan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas xi mipa 5 man kota batu / Debora Retno Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah video infografis berbasis motion graphic (vinora) pada materi peristiwa proklamasi kemerdekaan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas xi mipa 5 man kota batu / Debora Retno Astuti

Astuti, Debora Retno Astuti (2021) Pengembangan media pembelajaran sejarah video infografis berbasis motion graphic (vinora) pada materi peristiwa proklamasi kemerdekaan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas xi mipa 5 man kota batu / Debora Retno Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Permasalahan pembelajaran sejarah di kelas XI MIPA 5 MAN Kota Batu cukup kompleks seperti kurangnya penggunaan media guru menggunakan metode ceramah dan tingkat motivasi belajar siswa rendah. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran sejarah video infografis berbasis motion graphic pada materi proklamasi kemerdekaan Indonesia. Produk media pembelajaran ini ditujukan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI MIPA 5 MAN Kota Batu utamanya materi proklamasi kemerdekaan dan peristiwa pengambilalihan senjata Malang Raya. Melalui materi yang dikemas dengan video infografis berbasis motion graphic diharapkan siswa tertarik dengan konten yang disajikan sebagai media pembelajaran. Produk yang dikembangkan telah melalui proses validator materi dan media dengan nilai kevalidan masing-masing 86% dan 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video infografis berbasis motion graphic layak digunakan berdasarkan persentase responden uji coba kelompok kecil 84% dan uji coba kelompok besar 87% sangat efektif digunakan. Dengan demikian video infografis berbasis motion graphic mampu meningkatkan motivasi belajar dari persentase sedang 70% menjadi 85% kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:29
Last Modified: 13 Dec 2022 04:14
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148106

Actions (login required)

View Item View Item