Pengembangan multimedia interaktif berbasis autoplay pada materi peran surastri karma trimurti sebagai tokoh pergerakan nasional indonesia tahun 1942-1947 untuk pembelajaran sejarah kelas xi ips sma panjura / Zelinda Istighfariani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis autoplay pada materi peran surastri karma trimurti sebagai tokoh pergerakan nasional indonesia tahun 1942-1947 untuk pembelajaran sejarah kelas xi ips sma panjura / Zelinda Istighfariani

Istighfariani, Zelinda Istighfariani (2021) Pengembangan multimedia interaktif berbasis autoplay pada materi peran surastri karma trimurti sebagai tokoh pergerakan nasional indonesia tahun 1942-1947 untuk pembelajaran sejarah kelas xi ips sma panjura / Zelinda Istighfariani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Inovasi dalam pembelajaran sejarah dapat dilakukan dengan berbagai upaya. Salah satunya mengembangkan media pembelajaran yang rekreatif dan interaktif bagi peserta didik. Berdasarkan hasil angket kebutuhan peserta didik ditemukan potensi bahwa karakteristik peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Panjura melek dan antusias terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Selain itu kelas XI IPS 4 juga banyak yang memiliki perangkat elektronik seperti laptop dan komputer. Hal tersebut didukung dengan hasil angket kebutuhan peserta didik yang menyatakan bahwa sebanyak 94.1% peserta didik tsudah memiliki perangkat elektronik seperti laptop dan komputer kemudian sebanyak 76.5% peserta diik telah memiliki fasilitas jaringan internet yang cukup. Sedangkan untuk analisis permasalahan yaitu terkait kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi di dalam kelas sehingga ketika pembelajaran berlangsung peserta didik sering merasa bosan. Hal ini juga didukung oleh hasil angket kebutuhan peserta didik dimana sebanyak 76.5% peserta didik menyatakan bahwa ketika pembelajaran sejarah guru tidak sering menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran yang berbentuk multimedia interaktif berbasis autoplay dengan mengkaji peran tokoh bernama Surastri Karma Trimurti sebagai tokoh pergerakan nasional Indonesia tahun 1942-1947 yang valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 4 SMA Panjura. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis merujuk pada model penelitian dan pengembangan dari Dick and Carey (2009). Model penelitian dan pengembangan dari Dick and Carey ini terdiri dari sepuluh tahapan yang dijelaskan sebagai berikut 1) Identifying Instructional Goal 2) Conducting Instructional Analysis 3) Identifying Entry Behavior Characteristic 4) Writing Performance Objectives 5) Developing Criterion Referenced Test 6) Developing Instructional Strategy 7) Developing and Select Instructional 8) Designing and Conducting Formative Evaluation 9) Revising Instruction 10) Developing and Conducting Sumative Evaluation. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini sangat valid dan sangat efektif untuk digunakan dalam ppembelajaran sejaran. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi dengan persentase sebesar 90%. Selanjutnya dari hasil validasi ahli media dengan persentase sebesar 88.75%. Kemudian untuk hasil akhir uji coba kelompok kecil dalam bentuk persentase dapat diketahui sebesar 90.35%. Sedangkan untuk hasil akhir uji coba kelompok besar dalam bentuk persentase dapat diketahui sebesar 91.5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148101

Actions (login required)

View Item View Item