Kumpulan Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM) Mereka Pembelajaran Inovatif - Repositori Universitas Negeri Malang

Kumpulan Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM) Mereka Pembelajaran Inovatif

Efendi, Mohammad and Dawud, Dawud and Suyitno, Imam and Ainin, Moh. and Muhaiban, Muhaiban and Ghazali, A. Syukur and Mukminatien, Nur and Widiati, Utami and Asrori, Imam and Sumadi, Sumadi and Murtadho, Nurul and Rachmajanti, Sri and Amin, Mohamad and Muhsetyo, Gatot and Murwani, Danardana and Sa`dijah, Cholis and Widjaja, Sri Umi Mintarti and Suwono, Hadi and Kamdi, Waras and Patmanthara, Syaad and Parno, Parno and Yuliati, Lia and As`ari, Abdur Rahman and Priyatni, Endah Tri (2021) Kumpulan Pidato Pengukuhan Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM) Mereka Pembelajaran Inovatif. Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 5 Malang, Kode Pos 65145. ISBN 978-602-470-751-4

[img] Text
KUMPULAN PIDATO PENGUKUHAN GURU BESAR_MEREKA PEMBELAJARAN INOVATIF.pdf

Download (25MB)

Abstract

Segala puji kita haturkan ke Hadirat Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa atas tuntasnya penyusunan dan penerbitan Buku Kumpulan Pidato Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM). Di samping sebagai apresiasi atas capaian jabatan akademik tertinggi bagi para Guru Besar yang kukuhkan, kumpulan pidato ini juga dapat menjadi sumber inspirasi yang berkelanjutan, khususnya bagi sivitas Universitas Negeri Malang dan masyarakat pada umumnya. Lebih dari itu, Kumpulan Buku Pidato Guru Besar ini dapat dimaknai sebagai wujud ide-ide kreatif dan inovatif serta sumbangsih Universitas Negeri Malang dalam melaksanakan tugas Tridharma Perguruan Tinggi. Di era revolusi industri 4.0, pendidikan mengalami perkembangan pesat seiring perkembangan ilmu dan teknoogi. Pendidikan tidak cukup hanya dengan mempelajari satu disiplin tertentu yang bermuara pada satu bidang keahlian tertentu. Di era ini, pendidikan harus memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari berbagai disiplin ilmu sehingga peserta didik dapat membangun kapabilitas belajarnya secara optimal. Perolehan pengetahuan dari permasalahan kehidupan nyata yang bersifat kontekstual menjadi titik awal peserta didik untuk belajar. Peserta didik diarahkan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan melalui pemecahan masalah kontekstual sehingga dapat membangun kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik sesuai dengan karakteristik dan preferensi belajar peserta didik era masa kini. Pembelajaran merupakan kegiatan interaksi antara pendidik dengan peserta pendidik dalam proses perolehan pengetahuan, keterampilan, dan proses pembentukan kepribadian dan kedewasaan peseta didik. Proses pembelajaran ini berkembang sesuai kebutuhan zaman dan perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS). Perubahan dari waktu ke waktu dalam proses pembelajaran telah menginspirasi para pakar pendidikan untuk mengembangkan pembelajaran inovatif. Pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang memberikan peluang pada peserta didik untuk mengkonstruksi pengetahuannya secara mandiri melalui pengalaman belajar aktif baik aktif dalam berpikir maupun aktif dalam bertindak. Pembelajaran inovatif mengarah pada pembelajaran yang berpusat kepada siswa (student centered leraning) atau pembelajaran aktif (active learning). Pembelajaran ini menekankan pada aktivitas peserta didik secara optimal untuk memperoleh hasil belajar berupa perpaduan antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara seimbang. Kegiatan belajar peserta didik dalam pembelajaran inovatif tidak hanya menekankan proses penyampaian informasi. Peserta didik diajak untuk melakukan kegiatan belajar untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengekplorasi fenomena yang terjadi di lingkungan belajarnya. Hal penting yang dikembangkan dalam pembelajaran inovatidf adalah peserta didik diberi kesempatan untuk mengeksplorasi nilai-nilai dan sikap-sikap yang berkenaan dengan konsep yang dipelajari sehingga tumbuh menjadi warga negara yang berakhlak, bertanggung jawab, kreatif dan mandiri. Ada banyak cara untuk mengembangkan pembelajaran inovatif. Para pakar pendidikan di Universitas Negeri Malang (UM) telah banyak memberikan konstribusi gagasan dan hasil penelitian dalam upaya me-reka pembelajaran inovatif. Pembelajaran inovatif tersebut dikembangkan dari ber- bagai aspek dan sudut pandang, diantaranya aspek paradigma pembelajaran, kurikulum, pendekatan dan model pembelajaran, serta media dan sumber belajar. Semua reka model pembelajaran ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik sehingga proses belajar menjadi lebih bermakna. Ragam aspek pembelajaran telah menginspirasi ahli pendidikan untuk me-reka pembelajaran inovatif yang memiliki keunikan dan keinovasian dibanding pembelajaran yang telah ada. Pembelajaran inovatif yang dikembangkan oleh pakar Pendidikan UM dilakukan berdasarkan kajian teoritis dan empiris pada berbagai bidang ilmu dan berbagai jenjang, Kajian teoritis dilakukan berdasarkan kajian filosofi dan teori pembelajaran yang sesuai dengan karekateristik ilmu. Kajian empiris dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan analisis/diskusi yang mendalam. Kombinasi kedua hal ini telah menghasilkan ragam inovasi dalam pembelajaran baik di pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Reka pembelajaran inovatif ini menjadi bukti kepakaran dan kepedulian insan UM terhadap upaya mencerdaskan anak bangsa. Hal ini dituangkan dalam bentuk karya ilmiah yang telah dipaparkan dalam Sidang Terbuka UM dengan agenda Pengukuhan Guru Besar UM. Karya ilmiah ini selanjutnya dikemas khusus dalam Kumpulan Buku Pidato Guru Besar UM Semoga kehadiran Kumpulan Buku Pidato Guru Besar UM menjadi inspirasi pembaca untuk terus dan terus mereka pembelajaran inovatif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pidato Guru Besar
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:28
Last Modified: 27 Apr 2022 03:55
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1481

Actions (login required)

View Item View Item