Pengaruh model project based learning berbantuan google classroom terhadap kemampuan complex problem solving siswa pada mata pelajaran geografi di sma negeri 1 batu / Cholifatul Rofiah Syah Lingga - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model project based learning berbantuan google classroom terhadap kemampuan complex problem solving siswa pada mata pelajaran geografi di sma negeri 1 batu / Cholifatul Rofiah Syah Lingga

Lingga, Cholifatul Rofiah Syah Lingga (2021) Pengaruh model project based learning berbantuan google classroom terhadap kemampuan complex problem solving siswa pada mata pelajaran geografi di sma negeri 1 batu / Cholifatul Rofiah Syah Lingga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Kemampuan Complex Problem Solving merupakan suatu cara berpikir dinamis dengan beragam ide kompleks dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi oleh siswa. Kemampuan Complex Problem Solving dapat dibangun melalui penggunaan model Project Based Learning berbantuan Google Classroom. Google Classroom merupakan media yang dapat digunakan guru untuk mengelola kegiatan pembelajaran tanpa ada batasan ruang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh model Project Based Learning berbantuan Google Classroom terhadap kemampuan Complex Problem Solving siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Batu. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pola dasar non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas X Ips 1 sebagai kelas kontrol dan X Ips 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa/kelas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes kemampuan Complex Problem Solving sebanyak 2 kali dalam bentuk pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample test berbantuan software IBM SPSS Statistics 25.0 x64. Hasil yang diperoleh adalah Sig. (2-tailed) lt 0 05 yakni 0 000 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata gain score pada kelas eksperimen yaitu 52 49 dimana jauh lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 29 07. Kesimpulannya pada pembelajaran geografi dengan menggunakan model Project Based Learning berbantuan Google Classroom berpengaruh terhadap kemampuan Complex Problem Solving siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148092

Actions (login required)

View Item View Item