Penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran geografi kelas XI IPS-IV SMA Negeri 3 Jombang / Efi Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran geografi kelas XI IPS-IV SMA Negeri 3 Jombang / Efi Wijayanti

Wijayanti, Efi (2010) Penerapan assessment portofolio dalam pembelajaran geografi kelas XI IPS-IV SMA Negeri 3 Jombang / Efi Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Portofolio Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan Hidup Portofolio adalah penilaian autentik berupa kumpulan pekerjaan siswa yang representativ menunjukkan perkembangan kemampuan siswa dari waktu ke waktu. Dengan mengenal dan mendokumentasikan hasil belajar siswa guru dapat menggunakan portofolio untuk perkembangan hasil belajar siswa. Portofolio digunakan sebagai bukti belajar siswa baik pada proses belajar berlangsung dan diluar pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 3 Jombang pembelajaran geografi dilakukan dengan metode ceramah dan menggunakan OHP. Padahal dengan metode tersebut siswa cenderung sulit untuk memahami materi yang diberikan dan cepat bosan karena metode tersebut. Tujuan lain dari pengembangan penilaian portofolio yaitu portofolio dapat meningkatkan hasil belajar karena dalam belajar mandiri siswa termotivasi secara intrinsik untuk belajar dan terbantu untuk mengorganisasi dan menyusun hasil belajarnya. Siswa tidak cukup hanya menghafal catatan pelajaran dan bahan pelajaran tetapi mereka harus mengorganisir materi dan mendiskripsikan apa yang belum dipahami dan apa yang sudah dipamahi sehingga dapat dijadikan gambaran untuk mengetahui kemampuan mereka sendiri. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-IV SMA Negeri 3 Jombang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Pengumpulan data untuk hasil belajar siswa menggunakan soal tes evaluasi yang terdiri dari pre tes dan postes pekerjaan rumah eveluasi pembelajaran tugas kliping. Untuk mengetahui pengalaman belajar siswa yang didapt peneliti menggunakan jurnal belajar dan refleksi akhir pembelajaran. Dan untuk mengukur keefektifan penggunaan metode penilaian portofolio menggunakan angket untuk siswa. Hasil penelitian membuktikan meningkatnya hasil belajar geografi kelas XI IPS-IV SMA NEGERI 3 JOMBANG. Data pengamatan menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes siklus I adalah sebesar 72 6 yaitu sebanyak 27 siswa atau sebesar 87 1 % di atas nilai Standar Kelulusan Minimal (SKM) dan pada siklus II persentase siswa yang mendapat nilai di atas rata-rata adalah sebanyak 31 siswa atau 100% dari jumlah siswa keseluruhan dengan nilai rata-rata sebesar 84 5. Kenaikan rata-rata nilai dari siklus I ke siklus II sebesar 14 7%. Peningkatan nilai akhir portofolio juga mengalami kenaikan sebesar 11 9% yaitu rata-rata pada siklus I sebesar 72 6 atau sebanyak 27 orang siswa (87 1%) tuntas belajar dan 4 orang siswa (12 9%) belum tuntas belajar. Pada siklus II nilai rata-rata akhir portofolio adalah sebesar 84 5 atau sebanyak 31 orang siswa (100%) dinyatakan tuntas belajar. ii Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan assessment portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS-IV SMA NEGERI 3 JOMBANG maka disarankan agar dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah assessment portofolio dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam penilaian untuk meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran geografi. Bagi guru atau pratisi pendidikan lainnya yang tertarik untuk menerapkan assessment portofolio dalam pembelajaran perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut a) Selalu memberikan umpan balik yang positif dan bersifat membangun terhadap hasil pekerjaan siswa yang dimasukkan dalam portofolio b) Mengingatkan kepada siswa bahwa segala hasil karya yang dihasilkan dan dikumpulkan akan dinilai oleh guru dan peneliti c) Tidak meremehkan hasil karya pekerjaan siswa yang dikumpulkan dalam portofolio d) Penerapan assessment portofolio memerlukan waktu yang lama sehingga guru harus memperhitungkan waktu agar efektif dalam pembelajaran e) Guru harus siap dengan kritik dan saran yang diungkapkan oleh siswa f) Demi menyempurnakan proses pembelajaran dengan portofolio g) Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan berupa bukti belajar dua dimensi (tugas rumah kliping lembar aktifitas siswa evaluasi jurnal belajar dan lembar refleksi diri).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item