Perancangan iklan layanan masyarakat tentang penggunaan minyak kelapa (coconut oil) sebagai pengganti minyak sawit (palm oil) untuk pencegahan kolesterol / Dina Lovinanda Khoiriyah

Khoiriyah, Dina Lovinanda (2019) Perancangan iklan layanan masyarakat tentang penggunaan minyak kelapa (coconut oil) sebagai pengganti minyak sawit (palm oil) untuk pencegahan kolesterol / Dina Lovinanda Khoiriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khoiriyah, Dina Lovinanda. 2018. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat tentang Penggunaan Minyak Kelapa (Coconut Oil) sebagai Pengganti Minyak Sawit (Palm Oil) untuk Pencegahan Kolesterol. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Sn. Kata Kunci : Perancangan, Iklan Layanan Masyarakat, Kolesterol. Kolesterol telah menjadi penyebab utama kematian di Indonesia diakibatkan oleh konsumsi dan gaya hidup yang tidak sehat. Manfaat dari konsumsi minyak kelapa telah lama terkubur oleh industrialisasi dan doktrin pada masyarakat akan bahaya lemak jenuh yang terdapat pada minyak kelapa. Perancangan ini ditujukan pada kalangan muda hingga dewasa yang merupakan fase kehidupan saat kesibukan mulai meningkat dan kurang bisa memerhatikan kesehatan tubuhnya. Tujuan dari perancangan iklan layanan masyarakat ini adalah membuat media yang menarik untuk memberikan informasi kepada masyarakat akan bahaya kolesterol dan cara mencegahnya. Dengan informasi tersebut, diharapkan masyarakat akan lebih memahami bahwa lemak jenuh dalam minyak kelapa tidak mengandung lemak jahat dan justru meningkatkan kekebalan tubuh menghadapi berbagai penyakit, salah satunya yakni menjaga kadar kolesterol tubuh. Perancangan ini menggunakan model deskriptif yang berawal dari latar belakang, tujuan dan rumusan masalah. Kemudian diikuti dengan pengumpulan data-data, yakni data pustaka, wawancara, dan dokumentasi mengenai permasalahan yang dibahas. Lalu dilanjutkan dengan melakukan analisis dan sintesis data hingga menjadi konsep perancangan desain iklan layanan masyarakat. Media dalam perancangan ini merupakan animasi dua dimensi yang berupa infografis singkat mengenai kolesterol dan cara mencegahnya. Kemudian media cetaknya berupa baliho, poster dan brosur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14792

Actions (login required)

View Item View Item