Visualisasi cerita "Panji Laras" daslam tari topeng Malang melalui buku cerita bergambar untuk anak-anak dalam upaya menanamkan kecintaan terhadap budaya topeng Malang sejak dini / Khibran Bagas Dwiasmoro

Dwiasmoro, Khibran Bagas (2018) Visualisasi cerita "Panji Laras" daslam tari topeng Malang melalui buku cerita bergambar untuk anak-anak dalam upaya menanamkan kecintaan terhadap budaya topeng Malang sejak dini / Khibran Bagas Dwiasmoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Bagas Khibran. 2018. Visualisasi Cerita Panji Laras Dalam Tari Topeng Malang Melalui Buku Cerita Bergambar Untuk Anak-anak Dalam Upaya Menanamkan Kecintaan Terhadap Budaya Topeng Malang Sejak Dini. Skripsi Program Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sarjono S.Sn. Kata Kunci Visualisasi Panji Laras Tari Topeng Malang buku cerita bergambar Budaya Topeng Malang. Cerita Panji Laras merupakan salah satu dari cerita-cerita yang bersumber pada budaya Panji dan dibawakan dalam pertunjukan tari topeng Malang. Dengan adanya kondisi lingkungan dan sosial yang berbeda maka terbentuklah budaya Panji dengan versi yang berbeda baik dalam hal cerita maupun pertunjukan seni tari topeng yang dibawakan. Saat ini hanya Sanggar Seni Topeng Asmorobangun Pakisaji saja yang dapat berkembang. Tapi sangat disayangkan karena masyarakat Malang sendiri tidak antusias terhadap budaya topeng Malang. Maka dari itu untuk melestarikan dan mengembangkan budaya topeng Malang diperlukan media yang dapat menanamkan kecintaan terhadap budaya topeng Malang. Salah satunya melalui buku cerita bergambar Panji Laras. Buku cerita bergambar yang dirancang merupakan hasil dari visualisasi cerita Panji Laras yang dibawakan dalam tari topeng Malang. Buku cerita bergambar tersebut ditujukan kepada anak-anak sebagai bentuk upaya menanamkan kecintaan terhadap budaya topeng Malang sejak dini sehingga dapat menciptakan generasi penerus yang cinta dan dapat melestarikan budaya topeng Malang. Metode dalam perancangan ini menggunakan metode prosedural dimana tahap-tahap perancangan dijelaskan secara deskriptif. Tahap-tahap tersebut dimulai dari pengumpulan data identifikasi analisa hingga tahap produksi media visual berdasarkan data-data yang terkumpul. Tahap produksi dilakukan secara sistematis yang meliputi pembuatan rough layout comprehensive layout hingga final artwork. Perancangan ini menghasilkan media visual berupa buku cerita bergambar yang dilengkapi dengan media promosinya berupa x-banner kalender poster pamflet dan stiker. Media-media tersebut dirancang sebagai sarana untuk menyampaikan informasi secara efektif sehingga tujuan dari perancangan ini dapat terealisasikan yaitu tertanamnya rasa cinta pada anak-anak terhadap budaya topeng Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14787

Actions (login required)

View Item View Item