Perancangan buku lift the flap tentang tata gerak misa untuk anak-anak sebagai media belajar Sekolah Minggu /Yoseva Elsa Ariana

Ariana, Yoseva Elsa (2018) Perancangan buku lift the flap tentang tata gerak misa untuk anak-anak sebagai media belajar Sekolah Minggu /Yoseva Elsa Ariana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Ariana, Yoseva Elsa. 2018. Perancangan Buku Lift The Flap tentang Tata Gerak Misa untuk Anak-anak sebagai Media Belajar Sekolah Minggu. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Sn Kata Kunci: Perancangan, Buku Lift The Flap, Tata Gerak Misa, Sekolah Minggu Tata gerak Misa melambangkan kesatuan dalam umat, antara lain duduk, berdiri, dan berlutut. Memahami tata gerak Misa akan membantu umat untuk berpartisipasi aktif. Namun, kesadaran umat untuk memaknai tata gerak Misa masih sangat kurang. Tidak hanya bagi orang dewasa, namun juga anak-anak. Banyak sekali anak yang kurang tertib saat mengikuti Misa, seperti berlari, makan, dan membuat kegaduhan. Sekolah Minggu sebagai tempat belajar kerohanian anak sejak dini di gereja menjadi wadah yang tepat untuk dapat mengajarkan tata gerak Misa bagi anak-anak. Namun tata gerak Misa hanya diajarkan sedikit di Sekolah Minggu, serta media belajar yang konvensional dan kurangnya buku panduan yang menarik menyebabkan Sekolah Minggu membutuhkan media belajar yang unik untuk mengajarkan tata gerak Misa. Perancangan buku lift the flap dirasa tepat sebagai solusinya. Perancangan ini bertujuan untuk membuat media belajar bagi Sekolah Minggu yang bermanfaat sebagai inspirasi media belajar yang unik dan menarik untuk dipelajari, dilihat, dan dipraktikkan, serta membantu orangtua dan guru Sekolah Minggu dalam mengajarkan pendidikan agama dan menanamkan ketertiban dan penghayatan anak terhadap Misa. Perancangan ini menggunakan model perancangan dari Yongky Safanayong, meliputi riset, analisis, sintesis, tone & manner, strategi komunikasi, value-added, visualisasi, hingga finishing, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Langkah-langkah perancangan tersusun secara sistematis agar menghasilkan produk yang sesuai dengan tujuan perancangan, yang diawali dengan melakukan riset, kemudian mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan, menganalisis, membuat sintesis, menentukan tone and manner, membuat konsep pesan dan visual, menentukan nilai yang dieksplorasi, dan visualisasi desain hingga finishing dan menghasilkan produk yang diinginkan. Data yang diperoleh berasal dari wawancara, observasi, dokumentasi, dan data pustaka. Wawancara yang dilakukan melibatkan tiga narasumber yang terdiri dari ketua bidang Liturgi gereja Katedral Ijen, pembina Sekolah Minggu gereja Ijen, dan tim pembina Sekolah Minggu gereja Langsep. Observasi dilakukan di dua Sekolah Minggu, yakni Sekolah Minggu gereja Ijen dan Langsep. Dokumentasi dilakukan sebagai pelengkap data wawancara dan observasi. Data pustaka berasal dari buku Tata Perayaan Ekaristi serta beberapa sumber lainnya yang relevan dan dikembangkan. Hasil perancangan berupa media utama buku lift the flap berukuran A4 dengan konten tata gerak Misa yang disampaikan melalui dua tokoh anak-anak dengan teks penjelas yang ringkas dan ringan, dilengkapi dengan pengantar sederhana tentang Misa, rangkuman tata gerak, dan kuis. Buku lift the flap ini berjudul ÔÇ£Mengenal Tata viii Gerak MisaÔÇØ, berbahasa Indonesia dengan bahasa yang sederhana agar mudah dimengerti oleh anak-anak. Konsep warna yang digunakan adalah warna-warna yang cerah dan lembut. Tipografi yang digunakan adalah jenis huruf sans serif yang menampilkan kesan kekanak-kanakan dan santai. Buku lift the flap ini juga dilengkapi dengan bonus lembar kerja anak. Media pendukung berupa poster, x-banner, dan pembatas buku berfungsi mengarahkan audiens pada media utama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14785

Actions (login required)

View Item View Item