Perancangan buku panduan wisata "The Best of Lumajang" sebagai media informasi pariwisata Kabupaten Lumajang / Dyah Rulita Maghfiroh

Maghfiroh, Dyah Rulita (2018) Perancangan buku panduan wisata "The Best of Lumajang" sebagai media informasi pariwisata Kabupaten Lumajang / Dyah Rulita Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Maghfiroh, Dyah Rulita. 2018. Perancangan Buku Panduan Wisata ÔÇ£The Best of LumajangÔÇØ sebagai Media Informasi Pariwisata Kabupaten Lumajang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc., Ph.D. Kata kunci: Perancangan, Buku Panduan Wisata, Lumajang. Lumajang adalah kabupaten yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Lumajang dengan beragam potensi wisata alam dan letaknya di kaki Gunung Semeru mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Selain pesona dari objek wisata yang mampu menjadi daya tarik wisatawan, tentu harus didukung dengan media informasi yang dapat mengenalkan potensi wisata tersebut. Tanpa informasi yang lengkap dan dapat dipercaya, dapat menimbulkan keraguan wisatawan dalam pengambilan keputusan datang berkunjung ke suatu daerah untuk perjalanan wisata. Tujuan dari perancangan buku panduan wisata Lumajang ini adalah sebagai media informasi untuk mengenalkan ragam wisata Lumajang, sehingga membantu wisatawan dalam mengambil keputusan untuk melakukan perjalanan wisata ke Lumajang. Perancangan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dari metode Bruce Acher. Tahapan perancangan dimulai dengan merumuskan latar belakang masalah, menetapkan tujuan perancangan, mengumpulkan data yang dibutuhkan, identifikasi dan analisis data, sintesis, menetapkan konsep perancangan media utama dan media pelengkap, yang kemudian menghasilkan desain final. Hasil dari perancangan ini adalah buku panduan wisata yang berjudul ÔÇ£The Best of LumajangÔÇØ, menyajikan informasi lengkap yang dibutuhkan wisatawan ketika berkunjung ke Lumajang, seperti informasi daerah tujuan wisata, lokasi, biaya, jam buka, transportasi, akomodasi, aktivitas yang dapat dilakukan, makanan khas, serta tips berwisata. Buku ini memiliki ukuran 12,5 x 19 cm dan ketebalan 127 halaman. Media pelengkap dalam perancangan ini berupa poster, y-banner, kaos, serta media sosial (instagram dan twitter). Perancangan ini diharapkan memberi informasi lengkap tentang wisata terbaik Lumajang, yang dapat digunakan wisatawan dalam mengenal daerah tujuan wisata, sehingga mampu meningkatkan minat untuk berkunjung ke Lumajang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14782

Actions (login required)

View Item View Item