Redesign trade mark Superheru Snack Factory sebagai upaya pencitraan identitas produk / Much Chusnul Verry Yono

Yono, Much Chusnul Verry (2017) Redesign trade mark Superheru Snack Factory sebagai upaya pencitraan identitas produk / Much Chusnul Verry Yono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yono, Much Chusnul Verry. 2017. ÔÇ£Redesign Trade Mark SUPERHERU Snack Factory Sebagai Upaya Pencitraan Identitas ProdukÔÇØ. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc., Ph.D. Kata kunci: Redesign, Trade Mark, Logo, SUPERHERU Snack Factory SUPERHERU Snack Factory merupakan salah satu industri makanan ringan di Malang yang telah lama berdiri sejak tahun 2014, tetapi belum memiliki logo dagang yang dapat mencitrakan visi dan misi perusahaan serta identitas produknya. Berdasarkan pada hal tersebut, maka perancangan ini bertujuan untuk melakukan perancangan pada logo dagang (trade mark) dan atribut pendukung trade mark Superheru Snack Factory serta media aplikasi trade mark sebagai salah satu upaya optimalisasi pemasaran dalam memperkuat brand image perusahaan sebagai industri makanan ringan kepada masyarakat umum selaku target audience. Perancangan menggunakan model perancangan prosedural dan sistematika dari Alina Wheeler yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuan lapangan. Dan ditunjang dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan analis SWOT data dikumpulkan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi data, wawancara dan studi dokumentasi sebagai cara penelitian untuk mendapatkan data perusahaan terkait dan kompetitor. Analisis data dilakukan dengan menggunakan sistem content analysis dan sistem analisis SWOT. Hasil dari perancangan ini berupa sebuah trade mark baru dan media aplikasi trade mark tersebut dalam buku pedoman sistem identitas (Graphic Standard Manual), serta aplikasinya pada media terkait. Dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan logo dan identitas perusahaan. Hasil perancangan diharapkan dapat memperkuat brand image perusahaan sebagai industri makanan ringan kepada masyarakat umum selaku target audience. ABSTRACT Yono, Much Chusnul Verry. 2017. "Redesign Trade Mark SUPERHERU Snack Factory as the Effort of Product Imaging Identity. Thesis Visual Communication Design Studies Program, Department of Art and Design, Favulty of Letters. State University of Malang. Adrvisor; (I) Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc., Ph.D. Keywords. : Redesign, Trade Mark, Logo, SUPERHERU Snack Factory SUPERHERU Snack Factory is one of the snack factory in Malang that have operated since 2014, but it doesn't have a trade mark logo yet that images the vision and mission of the company and doesn't the product identity either. Based on that, this design aims to design a trade mark as one of the effort to optimize marketing in strengthen the brand image company as the snack factory to society as the target audience. The design uses a procedural and systematic design model owned by Alina Wheeler that has been modified based on the fields need. Also itÔÇÖs supported by using observation technique, interview, documentation and collected analysis SWOT data. The data collection techniqueused data observation, interview, and documentation study as the way of study to obtain the related company data and the competitor. The data was analyzed by using a content analysis and SWOT analysis system. The result of the design is a new trade mark logo and the application media of trade mark logo in a guidance book of identity system (Graphic Standard Manual), as well as its application of the related media. It is made to introduce the company logo and identity. The design result is to strengthen the company brand image as the snack industry to ward the society as the target audience. KATA PENGANTAR Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmat yang telah diberikan, sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi perancangan dengan judul ÔÇ£Redesign Trade Mark SUPERHERU Snack Factory sebagai Upaya Pencitraan Identitas ProdukÔÇØ dengan baik dan lancar. Skripsi merupakan salah satu syarat yang harus ditempuh oleh mahasiswa untuk menyelesaikan program studi S-1 Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Satra di Universitas Negeri Malang. Selain itu juga bertujuan untuk memberi bekal pengalaman dan pengetahuan pada mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Dalam penyusunan skripsi ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pengerjaan skripsi hingga selesai. Maka dalam kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada: 1.Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D. selaku Dekan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang yang telah banyak membantu hingga terselesaikannya skripsi ini. 2.Dr. Hariyanto, M.Hum selaku Ketua Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang yang telah memberi kesempatan kepada penulis untuk menyelesaikan skripsi ini dengan baik. 3.Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc., Ph.D. selaku pembimbing tunggal atas dukungan, saran-saran, dan pertimbangan yang diberikan oleh beliau sangat banyak membantu dalam menyelesaikan kegiatan skripsi ini. 4.Keluarga besar di Malang, Suyono (Ayah), Sunik (Mami) dan ketiga kakak penulis Iin, Andrie dan Ayu yang telah memberikan dukungan moral, arahan, motivasi, serta doa yang selalu mengiringi langkah penulis demi terselesaikannya skripsi ini. 5.Guman Arttina Saputri (Ngayas) atas kesetiaan, doa dan dukungan dalam melaksanakan persiapan hingga terselesainya skripsi ini. 6.Andri, Sandy, Ridho, Rika, Virgo, Aceh dan teman- teman seperjuangan di DKV yang telah banyak membantu dan memberikan warna dalam hidup penulis. 7.Pemilik dan seluruh staff Superheru Snack Factory yang telah mengijinkan serta membantu penulis untuk memperoleh data lapangan untuk mendukung terselesaikannnya skripsi ini. 8.Semua pihak yang telah membantu proses penyusunan skripsi hingga selesai. Semoga skripsi ini dapat berguna, baik sebagai bahan rujukan, acuan, atau sebagai bahan perbandingan, khususnya dalam disiplin ilmu Desain Komunikasi Visual. Malang, Mei 2017 Penulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14772

Actions (login required)

View Item View Item