Peranan User Education Dalam Memahami Karakteristik dan Kebutuhan Pemustaka - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan User Education Dalam Memahami Karakteristik dan Kebutuhan Pemustaka

Cahyono, Teguh Yudi (2011) Peranan User Education Dalam Memahami Karakteristik dan Kebutuhan Pemustaka. Universitas Negeri Malang.

[img] Text
user education.pdf

Download (66kB)

Abstract

Pendidikan pemustaka adalah salah satu faktor dominan untuk membantu pemustaka melakukan penelusuran secara cepat, tepat dan efisien. Pendidikan pemustaka merupakan suatu proses dimana pemustaka untuk pertama kali diberi pemahaman dan pengertian tentang sumber-sumber perpustakaan, termasuk pelayanan dan sumber-sumber informasi yang saling terkait, bagaimana menggunakan sumber-sumber tersebut, bagaimana pelayanannya dan di mana sumbernya. Empat (4) Tingkatan Pelaksanaan Pendidikan Pemustaka yaitu melalui : orientasi, kurikulum, penelitian sumber informasi, dan melalui homepage (internet). Ada tiga kebutuhan pemustaka dalam memanfaatkan perpustakaan yaitu need for information, needs for material and facilities, needs for guidance and support. Untuk memahami pemustaka, perpustakaan harus mengkaji secara menyeluruh tentang tiga (3) hal, yaitu analisis kebutuhan, analisis perilaku informasi, analisis motivasi dan sikap. Pada akhirnya, diharapkan tumbuh kepuasan pemustaka dalam hal : kenyamanan dalam menggunakan seluruh layanan perpustakaan, koleksi yang tersedia dapat memenuhi kebutuhannya, sikap yang ramah, bersahabat, dan responsif dari pustakawan, serta akses internet cepat dimiliki oleh perpustakaan.

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Artikel Pustakawan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:02
Last Modified: 25 Apr 2022 04:02
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item View Item