Perancangan film animasi pendek berjudul "Death" untuk mengedukasi masyarakat tentang tujuan hidup manusia / Rerica Bethary Candra O. - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan film animasi pendek berjudul "Death" untuk mengedukasi masyarakat tentang tujuan hidup manusia / Rerica Bethary Candra O.

Oktaviani, Rerica Bethary C. (2017) Perancangan film animasi pendek berjudul "Death" untuk mengedukasi masyarakat tentang tujuan hidup manusia / Rerica Bethary Candra O. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktavianti Rerica Bethary C. 2017. Perancangan Film Animasi Pendek berjudul Death Untuk Mengedukasi Masyarakat Tentang Tujuan Hidup Manusia. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Andy Pramono S.Kom M.T. Kata kunci Film Animasi Animasi Pendek Kematian Surga dan Neraka Perancanganinidilaksanakankarenaminimnya media yang membahastentangkehidupanmanusiadaneksistensisurgadannerakasertasifatMahaPengampunTuhan.Selamaini media yang dipakaiadalahberupa media cetakdandisampaikandarimulutkemulut.Olehkarenaitu untukmemudahkanpenyampaianeksistensisurgadannerakadibutuhkan media baru yaitumenggunakan film animasi. Animasiberasal dari kata to animate yang artinya menghidupkan ataumenggerakkan.Dengan kata lainanimasiadalah proses pembuatanilusigerakmenggunakangambar. Perancangan film animasiinibergunasebagaisaranaedukasi masyarakat tentang tujuan hidup manusia yang dikemassecaramenarik. Perancangan ini menggunakan metode perancangan milik Issac Kerlow pembuatan film animasi dibagi menjadi tiga alur yaitu alur praproduksi produksi dan pascaproduksi. Dengan kedua metode ini menghasilkan data yang cukup akurat dan hasil perancangan yang didapatkan menjadi lebih menarik. Hasil perancangan yang dihasilkan berupa film animasi dua dimensi dengan durasi 4 menit dengan format .mp4 sehingga tidak menghasilkan kapasitas yang besar dan mudah untuk disebarkan kepada masyarakat. Disamping itu terdapat media lain yang diciptakan sebagai media pendukung untuk menyebarkan film ini. Media ini berguna untuk melancarkan penyebaran film animasi ini. Diantaranya adalah desain cover DVD film yang berguna sebagai sarana informasi pada kepingan DVD yang disebarkan ke masyarakat luas. Poster dan X-banner yang berguna sebagai media yang menyebarkan informasi tentang kehadiran film ini. Perbedaan antara poster dan X-banner adalah dalam segi ukuran poster dicetak dalam ukuran A3 sedangkan X-banner mempunyai konstruksi menyerupai huruf X dan ukurannya adalah 60x160cm. Biasanya kedua media ini dipasang di luar atau didalam ruangan. Selanjutnya adalah sticker media ini berguna sebagai merchandise dalam peluncuran film ini selain itu media ini juga dapat digunakan sebagai media promosi yang efektif. Karena setiap orang yang mengambil sticker maka mereka juga ikut mempromosikan film ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14763

Actions (login required)

View Item View Item