Analisis logo Start Friday Asia Brand Consultant sebagai representasi perusahaan / Puspita Rizki Andiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis logo Start Friday Asia Brand Consultant sebagai representasi perusahaan / Puspita Rizki Andiningrum

Andiningrum, Puspita Rizki (2016) Analisis logo Start Friday Asia Brand Consultant sebagai representasi perusahaan / Puspita Rizki Andiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizki Puspita. 2016. Analisis Logo Start Friday Asia Brand Consultant sebagai Representasi Perusahaan Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarwahyudi M.Sn Kata Kunci Semiotika Logo Start Friday Roland Barthes Start Friday adalah salah satu dari sekian banyak perusahaan jasa yang berkonsentrasi pada pembuatan branding. Meski tergolong sebagai perusahaan baru yang berdiri di tahun 2012 Start Friday telah mampu menangani berbagai brand ternama. Sebagai perusahaan branding yang memiliki rekam jejak yang baik dalam pencapaian penanganan branding serta sesuai dengan tagline yang dibawanya yaitu brand consultant maka Start Friday dirasa layak untuk dikaji lebih dalam. Branding tidak hanya bergelut pada nama dan tagline tetapi juga pada filosofi dan nilai yang dikandung perusahaan itu sendiri. Nilai-nilai dan filosofi tersebut selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk visual yang selanjutnya dikenal dengan visual branding yang jika dikerucutkan lagi menjadi berkaitan logo perusahaan. Start Friday menampilkan sebuah visualisasi logo yang menarik dengan memunculkan figur yang jauh berbeda dari kebanyakan. Logo ini selanjutnya akan dikaji dengan studi semiotika untuk mengetahui representasi nilai dan filosofi yang dikandung Start Friday secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk menjawab tujuan penelitian. Logo akan dibedah dan dituliskan kembali dalam bentuk deskriptif interpretatif yang menjelaskan makna logo. Bahan penelitian merupakan dokumentasi internal perusahaan Start Friday yang diperoleh peneliti dari lapangan. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai peneliti dan instrument penelitian yang bersentuhan langsung dengan objek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan triangulasi sumber yang bertujuan untuk memperkuat dan mendukung sumber data. Peneliti menggunakan teori logo Surianto Rustan yang menjelaskan tentang kriteria logo yang baik dan teori semiotika Roland Barthes yang mengkaji tentang makna dari suatu karya visual. Sistematika penelitian dimulai dari memproses logo Start Friday dengan membedahnya berdasarkan elemen visual pembentuk logo hingga pemaknaan menggunakan studi semiotika berupa pemaknaan denotatif dan konotatif hingga mitos yang berlaku di masyarakat. Hasil dari tahapan analisis tersebut kemudian diperoleh bahwa representasi nilai dan filosofi yang dikandung Start Friday adalah berpikir terus maju terus tumbuh dan berkembang dengan menampilkan sebuah karya desain yang berbeda dari biasanya. Selain itu menawarkan sebuah kreatifitas dan inovasi karya desain melebihi yang umum dimiliki perusahaan lain. Hal itu relevan dengan hasil pekerjaan yang dihasilkan Start Friday dalam menyelesaikan problematika branding klien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14749

Actions (login required)

View Item View Item