Perancangan buku interaktif bilingual tentang konsep angka dan berhitung melalui pendekatan story telling / Sieny Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku interaktif bilingual tentang konsep angka dan berhitung melalui pendekatan story telling / Sieny Putri

Putri, Sieny (2016) Perancangan buku interaktif bilingual tentang konsep angka dan berhitung melalui pendekatan story telling / Sieny Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Sieny. 2016. Perancangan Buku Interaktif Bilingual tentang Konsep Angka dan Berhitung Melalui Pendekatan Story Telling Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sugiyono Ardjaka M.Sc. Ph.D. Kata Kunci angka berhitung story telling. Anak dilahirkan dengan potensi dan intelegensinya masing-masing. Untuk mengoptimalkan potensi anak orang dewasa dan lingkungan di sekitar anak harus dapat memberikan stimulasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak. Biasanya anak belajar 10% dari apa yang dibaca 20% dari apa yang di dengar 30% dari apa yang dilihat 50% dari apa yang dilihat dan didengar 70% dari apa yang dikatakan dan 90% dari apa yang dikatakan dan dilakukan anak bersangkutan. Sementara itu Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbesar di dunia karena memiliki luas laut dan jumlah pulau yang besar. Panjang pantai Indonesia mencapai 95.181 km dengan luas wilayah laut 5 8 juta 12310 km 12311 2 mendominasi total luas teitorial Indonesia sebesar 7 7 juta 12310 km 12311 2 keadaan terumbu karang di Indonesia 39 5% dalam keadaan rusak. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan perancangan media memperkenalkan konsep angka dan berhitung yang sekaligus mendidik anak untuk tetap menjaga kelestarian laut. Berdasarkan uraian permasalahan di atas maka dipilihlah media buku interaktif dengan tema kehidupan hewan laut yang penulis rancang sebagai media pembelajaran yang akan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Buku interaktif ini berisikan cerita berjudul Willy s Adventure (Count In The sea) yaitu petualangan Willy bersama delapan temannya yang disisipi oleh ajakan berhitung dan penjumlahan. Disajikan dengan menggunakan dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Tujuan perancangan ini adalah merancang media pembelajaran berhitung yang lebih efektif dapat melatih anak untuk mengenal angka 1-10 melatih anak untuk berpikir logis dan melatih kepercayaan dirinya melalui kegiatan interaktif yaitu menempel dan bercerita dengan boneka tangan. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data adalah melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis yang telah dilakukan mendukung penulis untuk membuat media interaktif dengan tema kehidupan hewan laut yang di dalamnya mengajak anak untuk mengenal angka dan berhitung dilengkapi dengan bahasa Ingrris. Mengingat pentingnya pengenalan angka dan berhitung pada anak usia dini sebaiknya guru dan orang tua yang mempunyai anak berusia 5-6 tahun agar menggunakan media yang penulis rancang yaitu buku berhitung interaktif dengan judul Willy s Adventure (Count In The Sea) yang dilengkapi dengan boneka tangan dan kegiatan menempel agar anak selain antusias untuk belajar berhitung namun sekaligus mengasah kemampuan Bahasa Inggris dan melatih kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14744

Actions (login required)

View Item View Item