Wibowo, Handyk Ary (2011) Perancangan desain billboard berbasis fotografi UM "The Learning University" / Handyk Ary Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Perancangan Desain Billboard Fotografi. Universitas Negeri Malang merupakan salah satu perguruan tinggi yang unggul dan menjadi rujukan dalam pengembangan bidang pendidikan sains teknologi bahasa dan seni di Indonesia. Beberapa saat lalu Universitas Negeri Malang mengadakan lomba logo baru yang bertemakan UM The Learning University . Saat ini Universitas Negeri Malang memerlukan media untuk mensosialisasikan logo yang baru tersebut kepada masyarakat. Untuk itu dirancanglah media billboard sebagai media utama. Tujuan pembuatan desain billboard berbasis fotografi tersebut ialah untuk mempromosikan identitas Universitas Negeri Malang kepada masyarakat. Desain Billboard tesebut dirancang dengan menggunakan ilustrasi berupa foto yang mampu mewakili pesan yang ingin disampaikan. Model perancangan yang digunakan dalam perancangan ini adalah model prosedural. Model yang bersifat deskriptif naratif yaitu perancangan yang berusaha untuk menuturkan (menggariskan langkah-langkah) pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data empirik dan referensi menganalisis dan menginterpretasikannya untuk menghasilkan konsep perancangan (Pranata 2002). Setelah menemukan rumusan masalah langkah selanjutnya adalah pengumpulan data yang terdiri dari data referensi dan data empirik atau data lapangan. Proses perancangan ide (konsep perancangan) dilakukan setelah semua data yang dibutuhkan terkumpul. Setelah rancangan ide selesai dibuat maka langkah selanjutnya adalah proses perancangan yang didalamnya terdapat metode perencanaan proses produksi dan proses kreatif dari perancangan desain billboard berbasis fotografi ini. Dengan demikian karakteristik hasil rancangan ini sebagai berikut a. Produk utama yang dirancang berupa sebuah desain billboard berbasis fotografi yang khas dengan UM dengan tampilan ekslusif elegan dan menarik. b. Selain merancang produk utama perancangan ini juga diarahkan untuk menghasilkan beberapa media promosi lainnya yaitu - Media luar ruangan (outdoor) dengan medium horizontal banner dan sign board. - Media dalam ruangan (indoor) dengan medium x-banner poster iklan media massa cover buku pedoman UM stiker dan kalender 2011. - Media surat langsung/terarah (directmail) dengan medium brosur berbentuk buku saku.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |