Perancangan buku pop-up penerapan rambu-rambu lalu lintas dwi bahasa (Indonesia-Inggris) / Herlia Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku pop-up penerapan rambu-rambu lalu lintas dwi bahasa (Indonesia-Inggris) / Herlia Kurniawati

Kurniawati, Herlia (2010) Perancangan buku pop-up penerapan rambu-rambu lalu lintas dwi bahasa (Indonesia-Inggris) / Herlia Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Herlia. 2010. Perancangan Buku Pop-up Penerapan Rambu-Rambu Lalu Lintas Dwi Bahasa (Indonesia-Inggris). Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Pranti Sayekti S. Sn M. Si Rambu-rambu lalu lintas hendaknya memang diajarkan sedini mungkin. Hal itu terjadi karena semakin banyaknya orang yang tidak menyadari tentang pentingnya rambu lalu lintas. Beberapa sekolah taman kanak-kanak juga sudah menerapkan beberapa cara yang dianggap efektif dan sesuai untuk anak didiknya. Mulai dari pembuatan taman lalu lintas pembelajaran dengan buku pembelajaran tentang lalu lintas bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk melakukan penyuluhan ataupun pelatihan kepada anak-anak dalam rangka memperkenalkan rambu serta bagaimana sikap yang baik ketika berada di jalan. Rumusan masalah produk ini adalah bagaimana menghasilkan produk komunikasi visual berupa buku pop-up penerapan rambu-rambu lalu lintas dwi bahasa (Indonesia-Inggris) yang mampu meningkatkan apresiasi anak terhadap rambu-rambu lalu lintas sejak dini. Tujuan perancangan yang diharapkan adalah menghasilkan produk desain komunikasi visual berupa buku pop-up penerapan rambu-rambu lalu lintas dwi bahasa (Indonesia-Inggris) untuk anak berbahasa Inggris-Indonesia dan juga dirancang untuk memecahkan masalah tentang minimnya kesadaran tentang rambu-rambu lalu lintas sekaligus mengenalkan anak sejak dini tentang ramburambu lalu lintas. Buku pop-up ini juga dapat bermanfaat untuk membantu pendidik untuk memberikan pengajaran tentang rambu-rambu lalu lintas serta membantu anak dalam mempelajari penerapan rambu lalu lintas di jalan raya. Metodologi perancangan menggunakan berdasar pada perancangan Bruce Archer yang dimulai dari pengumpulan data analisis pengembangan sintesis evaluasi hingga komunikasi produk. Produk menggunakan kertas art paper 260 gr teknik pewarnaan dengan menggunakan komputerisasi dan tersaji full colours. Buku ini memiliki keistimewaan tersendiri dengan format pop-up yang dapat berdiri membentuk gambar tiga dimensi dan dapat digerakkan. Produk ini diharapkan mampu membuat anak lebih memahami tentang pentingnya rambu lalu lintas serta membuat anak akan lebih mengetahui pentingnya rambu lalu lintas sejak dini sehingga dapat membantu mensukseskan kampanye sadar lalu lintas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14732

Actions (login required)

View Item View Item