Penerapan Layanan Prima dan Nilai Tambah Layanan untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pemustaka - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Layanan Prima dan Nilai Tambah Layanan untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pemustaka

Cahyono, Teguh Yudi (2011) Penerapan Layanan Prima dan Nilai Tambah Layanan untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pemustaka. Universitas Negeri Malang.

[img] Text
layanan prima dan nilai tambah.pdf

Download (85kB)

Abstract

Untuk mewujudkan kepuasan pemustaka, maka dibutuhkan layanan perpustakaan yang berkualitas (prima). Layanan yang berkualitas mempunyai enam (6) kriteria, yaitu : 1. Professionalism and Skills; 2. Attitudes and Behavior; 3. Accessibility and Flexibility; 4. Reliability and Trustworthiness; 5. Recovery; 6. Reputation and Credibility. Perilaku pemustaka pada pengulangan untuk memperoleh kembali jasa perpustakaan menunjukkan bahwa mereka puas terhadap layanan yang ada. Terdapat tiga (3) sikap yang termasuk ke dalam layanan prima, yaitu : Pelayanan dengan penampilan serasi; Melayani pelanggan dengan berpikiran posistif; Melayani pelanggan dengan sikap menghargai. Terdapat 10 cara untuk menambah nilai produk/layanan, yaitu : 1. Memberikan saran yang baik kepada pelanggan serta pelayanan dengan tingkat profesionalisme yang tinggi; 2. Memperbagus kemasan; 3. Menerapkan level pelayanan; 4. Membuat program khusus untuk pelanggan setia; 5. Memberikan pelatihan keterampilan atau seminar yang berkaitan dengan produk; 6. Memberikan "penghargaan" kepada pelanggan tertentu dan juga hadiah; 7. Peningkatan kualitas; 8. Menempatkan personil yang lebih berdedikasi untuk mengangani pelanggan tertentu; 9. Mempercepat pelayanan; 10. Memberikan informasi secara berkala.

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Artikel Pustakawan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:54
Last Modified: 25 Apr 2022 03:54
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1473

Actions (login required)

View Item View Item