Perancangan video dokumentasi sebagai media promosi pariwisata Jember / Wisnu Indra Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan video dokumentasi sebagai media promosi pariwisata Jember / Wisnu Indra Pratama

Pratama, Wisnu Indra (2010) Perancangan video dokumentasi sebagai media promosi pariwisata Jember / Wisnu Indra Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama Wisnu Indra. 2010. Perancangan Video Dokumentasi Sebagai Media Promosi Pariwisata Jember. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sarjono M.Sn. Kata Kunci Perancangan Dokumentasi Media Promosi Jember memiliki banyak potensi wisata tetapi kurang promosi sehingga pariwisata yang ada kurang dikenal. Maka diperlukan media promosi yang dapat mengenalkan dan memberikan gambaran secara langsung. Video dokumentasi dapat memberikan gambaran tentang keindahan obyek-obyek wisata dan memberikan informasi serta pengetahuan kepada wisatawan. Tujuan dan manfaat dari perancangan adalah menghasilkan media dokumentasi yang dapat mengenalkan dan memberikan informasi tentang keindahan dan keberagaman pariwisata Jember. Perancangan ini menggunakan model prosedural yang bersifat deskriptif. Proses perancangan yang prosedural tersebut berorientasi pada pemecahan masalah bagi dihasilkannya video dokumentasi tentang pariwisata Jember yang sesuai dengan karakter produk yang diharapkan. Perumusan masalah dan identifikasi serta tujuan pengambilan data melalui cara observasi dokumentasi dan wawancara kemudian di analisis dan akhirnya menjadi konsep dari perancangan. Perancangan menghasilkan media utama yang berupa video dokumentasi yang berdurasi sepuluh menit dalam format DVD dan VCD yang menampilkan dua obyek wisata unggulan Jember. Video dokumentasi menggunakan visualisasi artistik diiringi dengan narasi tutur yang menjelaskan tentang seluk beluk obyek wisata unggulan Jember. Media promosi dilengkapi media pendukung poster stiker x-banner dan kalender wisata. Hasil perancangan menampilkan keindahan pariwisata Jember melalui penyajian audio-visual yang artistik dan menarik dalam bentuk video dokumentasi wisata. Saran yang diberikan pada perancangan media promosi diharapkan untuk pengembangan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14729

Actions (login required)

View Item View Item