Perancangan media promosi melalui perangkat pembelajaran cerita bergambar bilingual bertema kebun binatang di TK Laboratorium UM / Prafida Windarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media promosi melalui perangkat pembelajaran cerita bergambar bilingual bertema kebun binatang di TK Laboratorium UM / Prafida Windarini

Windarini, Prafida (2009) Perancangan media promosi melalui perangkat pembelajaran cerita bergambar bilingual bertema kebun binatang di TK Laboratorium UM / Prafida Windarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Windarini Prafida. 2009. Perancangan Media Promosi Melalui Perangkat Pembelajaran Cerita Bergambar Bilingual Bertema Kebun Binatang Di TK Laboratorium UM. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Pujiyanto M. Sn Kata kunci perancangan media promosi cerita bergambar bilingual tema kebun binatang perangkat pembelajaran TK Laboratorium UM. TK Laboratorium UM merupakan salah satu sekolah taman kanak-kanak di kota Malang. TK Laboratorium yang terletak di Jl. Magelang ini merupakan TK yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap dan juga dibina oleh tenaga guru yang berkualitas. TK Laboratorium UM pada tahun ajaran 2009/2010 akan membuka kelas bilingual. Pembelajaran untuk kelas bilingual masih berpatokan pada kurikulum tahun 2004 namun menggunakan bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan alternatifalternatif media pembelajaran baru yang dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar semakin interaktif dan dapat mengenalkan hewan yang ada di kebun binatang dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Perancangan ini bertujuan untuk membuat alternatif media pembelajaran baru yang berupa buku cerita bergambar bilingual yang disesuaikan dengan kelas bilingual yang akan dibuka. Selain itu juga menciptakan kegiatan belajar yang menarik dan interakif dengan menggunakan buku cerita tersebut terutama pada pembelajaran dengan model cerita. Perancangan menggunakan model perancangan prosedural atau model perancangan bersifat deskriptif yang menerangkan langkah-langkah yang dilakukan untuk menghasilkan produk. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data-data yang bersumber dari observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang terkumpul TK Laboratorium UM membutuhkan sebuah media promosi melalui perangkat pembelajaran cerita bergambar bilingual bertema kebun binatang. Media tersebut antara lain buku cerita bergambar bilingual boneka tangan POP stiker penghargaan game edukatif flanel board penahan buku buku mewarna dan tas punggung. Dipilihnya media-media tersebut dikarenakan kesesuaian dengan tematik kelas bilingual pada semester awal. Kesimpulan yang dapat ditarik dari perancangan media promosi melalui perangkat pembelajaran cerita bergambar bilingual bertema kebun binatang adalah diharapkan terciptanya kegiatan belajar mengajar yang interaktif dan atraktif sekaligus juga memperkenalkan binatang dalam dua bahasa. Berdasarkan perancangan ini saran penulis adalah diperlukannya menambah alternatifalternatif media pembelajaran baru untuk kelas bilingual yang interaktif dan juga yang dapat memperkenalkan binatang di kebun binatang dalam dua bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14723

Actions (login required)

View Item View Item