Redesain kemasan produk Primadona Jember sebagai upaya peningkatan daya saing produk / Yuris Intan Savila - Repositori Universitas Negeri Malang

Redesain kemasan produk Primadona Jember sebagai upaya peningkatan daya saing produk / Yuris Intan Savila

Savila, Yuris Intan (2019) Redesain kemasan produk Primadona Jember sebagai upaya peningkatan daya saing produk / Yuris Intan Savila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Savila Yuris Intan. 2019. Redesain Kemasan Produk Primadona Jember Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Produk. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sarjono M.Sn dan Yon Ade Lose S.Sn M.Sn. Kata Kunci Kemasan Redesain Primadona Jember Beberapa pengusaha terutama kalangan artis kini banyak menghadirkan bisnis kue oleh-oleh khas suatu daerah. Berkembangnya usaha oleh-oleh artis berdampak UKM dan oleh-oleh khas daerah asli menjadi terancam dan tergeser eksistensinya. Primadona Jember merupakan toko oleh-oleh yang telah berdiri sejak tahun 1982 dengan memanfaatkan potensi Jember yang banyak menghasilkan tape untuk membuat olahan suwar-suwir dan dikembangkan menjadi prol tape. Kemasan yang selama ini digunakan pada produk Primadona cenderung sama dengan produk sejenis. Jika tidak dilakukan perbaikan dan perbaruan maka hal yang dapat terjadi adalah menurunnya daya jual dan daya saing produk. Oleh karena itu hal yang perlu dilakukan adalah meredesain kemasan pada produk Primadona Jember untuk menciptakan diferensiasi dengan kompetitor sejenis dan juga sebagai upaya daya saing produk. Untuk melaksanakan proses redesain diperlukan data berkaitan dengan informasi produk Primadona. Metodologi perancangan yang digunakan yaitu model perancangan prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif kualitatif. Proses redesain kemasan Primadona dijalankan mengadopsi model perancangan milik Vijay Kumar dalam bukunya 101 metode desain. Model perancangan tersebut memiliki proses langkah kerja yang sesuai dengan permasalahan. Datadata tersebut diperoleh melalui metode pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumen. Hasil dari perancangan ini yaitu redesain kemasan primer dan sekunder suwar-suwir prol tape besar dan prol tape kecil serta kemasan tersier kantong plastik dan kardus. Ide konsep perancangan ini adalah produk yang berkualitas dengan bahan baku tape terbaik. Konsep tata desain kemasan yang baru menggunakan foto produk yang ada di dalamnya ditambah elemen desain maskot yang mengambil bentuk dasar tape serta terdapat pattern yang mengambil hasil bumi daerah Jember.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14721

Actions (login required)

View Item View Item