Cahyono, Teguh Yudi (2011) Kerjasama dan Standarisasi Perpustakaan Dalam Mendukung Kecepatan Akses Informasi. Universitas Negeri Malang.
Text
kerjasama dan standarisasi.pdf Download (70kB) |
Abstract
Perlu usaha inovatif dalam mengatasi minimnya anggaran, misalnya melakukan kerjasama dengan perpustakaan lain. Lingkungan di mana pustakawan bekerja akan selalu berubah, terutama dengan akses informasi yang serba cepat. Jenis-jenis kerja sama yang dilakukan oleh perpustakaan adalah : Pengadaan; Pertukaran dan Redistribusi; redistribusi; Pengolahan; Penyediaan fasilitas; serta kerjasama pinjam antar pustakawan. Sedang kerjasama antar pustakawan sendiri meliputi : penyusunan katalog induk dan pemberian jasa dan informasi. Perpustakaan bisa disebut standar apabila memenuhi delapan komponen, yaitu : Faktor Personal; Faktor Koleksi Pustaka; Faktor Biaya; Faktor Ruangan dan Inventarisasi Alat Perpustakaan; Faktor Organisasi dan Management; Jadwal Pelayanan; Faktor Program dan Tujuan serta Faktor Pelayanan. Standar perpustakaan terbagi atas tiga (3) kategori, yaitu : pedoman, peraturan dan standar teknis. Standar perpustakaan di Indonesia masih berpijak pada UU no.43 tahun 2007 tentang perpustakaan, khususnya mengenai peran perpustakaan sebagai sumber informasi, pusat dokumentasi, pendukung penelitian dan sebagai pusat sumber belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Artikel Pustakawan |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 03:54 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 03:54 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1472 |
Actions (login required)
View Item |