Perancangan katalog motif tenun Maumere sebagai media informasi dan promosi budaya lokal / Natasha Nadya Oktaviasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan katalog motif tenun Maumere sebagai media informasi dan promosi budaya lokal / Natasha Nadya Oktaviasari

Oktaviasari, Natasha Nadya (2019) Perancangan katalog motif tenun Maumere sebagai media informasi dan promosi budaya lokal / Natasha Nadya Oktaviasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Oktaviasari Natasha Nadya. 2019. Perancangan Katalog Motif Tenun Maumere sebagai Media Informasi dan Promosi Budaya Lokal. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarjono M.Sn. (II) Andhika Putra Herwanto S. Sn M. Sn. Kata Kunci Katalog Motif Tenun Tenun Maumere Maumere merupakan ibukota Kabupaten Sikka yang berada di Pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebagai salah satu kota di Kabupaten Sikka Maumere memiliki produk budaya lokal berupa kain tenun. Tenun Maumere memiliki beragam jenis motif dengan filosofi yang dinilai agung. Namun sebagian masyarakat hanya mengetahui informasi tenun Maumere secara umum karena kurangnya media informasi dan promosi. Sehingga sebagian orang tidak mengetahui informasi yang lebih detail tentang tenun Maumere. Perancangan ini menggunakan model perancangan prosedural dengan langkah awal berupa penulisan latar belakang perumusan masalah dan penentuan tujuan perancangan. Pengumpulan data berupa data primer dilakukan dengan cara observasi langsung ke tempat pembuatan tenun Maumere wawancara langsung bersama pengrajin tenun Maumere dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sikka. Data sekunder diperoleh dari dokumen berupa buku yang berkaitan dengan tenun Maumere. Analisis data yang diperoleh bersifat deskriptif. Proses perancangan dimulai dari tahap pra produksi produksi dan pasca produksi. Perancangan katalog motif tenun Maumere sebagai media informasi dan produksi budaya lokal menghasilkan katalog berjumlah 88 halaman. Dalam katalog berisi informasi tentang tenun Maumere motif tenun Maumere dan filosofinya proses pembuatan dan rekomendasi tempat pembuatan dan penjualan tenun Maumere. Perancangan ini juga menghasilkan media pendukung berupa poster x-banner media sosial instagram dan kartu pos. Media ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan tenun Maumere sekaligus dapat menjadi media promosi budaya lokal sehingga masyarakat lebih mengenal tenun Maumere.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14717

Actions (login required)

View Item View Item