Perancangan art book "The Art of Poem" sebagai media promosi komik webtoon "Be a Poem" / Yanuar Rachman Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan art book "The Art of Poem" sebagai media promosi komik webtoon "Be a Poem" / Yanuar Rachman Saputra

Saputra, Yanuar Rachman (2019) Perancangan art book "The Art of Poem" sebagai media promosi komik webtoon "Be a Poem" / Yanuar Rachman Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Saputra Yanuar Rachman. 2018. Perancangan Art Book The Art of Poem Sebagai Media Promosi Komik Webtoon Be A Poem . Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd (II) Dimas Rifqi Novica S.Sn M.Ds Kata Kunci Perancangan Promosi Art book Komik Webtoon. Komik Be A Poem adalah komik resmi di situs komik online Webtoon Indonesia. Komik tersebut bergenre fantasi dengan style gambar kartun yang saat ini memiliki pembaca yang sedikit dibanding komik Webtoon lain yang bergenre romance dengan style gambar manga. Hal inilah yang menginisiatif perancang untuk merancang art book The Art of Poem sebagai media promosi maupun menjadi benda koleksi. Model perancangan art book The Art of Poem menggunakan referensi dari art book The Art of Regular Show dalam menyusun isi serta layoutnya. Perancangan art book The Art of Poem bersifat deskripstif dengan prosedur perancangan menentukan latar belakang tujuan perancangan pengumpulan data mengkonsep perancangan merancang lalu menghasilkan final desain. Dalam art book tersebut memuat deskripsi dari para creatornya agar pembaca dapat memahami isi dari sudut pandang yang berbeda-beda. Sumber data diambil dari observasi dokumentasi dan wawancara. Art book The Art of Poem adalah media untuk mempromosikan komik Webtoon Be A Poem . Art book tersebut dirancang untuk menarik minat dan menaikkan jumlah pembaca komik Webtoon Be A Poem karena komik tersebut memiliki jumlah pembaca yang amat kurang dari pada komik Webtoon official lainnya. Selain itu pembaca juga dapat mengetahui proses awal dan serba-serbi dalam komik tersebut. Art book The Art of Poem sangat cocok digunakan sebagai referensi untuk para desainer maupun pekerja industri kreatif khususnya komikus ataupun animator pemula yang ingin memulai mengerjakan projek komik atau animasi mereka. Art book telah diuji coba kepada beberapa mahasiswa jurusan Seni dan Desain di Universitas Negeri Malang dan hasilnya dirasa cukup berhasil. Masyarakat luas pun dapat mengetahui proses awal pembuatan komik dengan membaca art book tersebut. Selain sebagai referensi art book The Art of Poem juga dapat dimiliki sebagai benda koleksi bagi para pembaca setia komik Webtoon Be A Poem maupun masyarakat dengan kesukaan serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14710

Actions (login required)

View Item View Item